Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TKN Jokowi - Ma'ruf Anggap Orba Gagal Kelola SDA

Senin, 26 November 2018 – 19:35 WIB
TKN Jokowi - Ma'ruf Anggap Orba Gagal Kelola SDA - JPNN.COM
Politikus NasDem Irma Suryani. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Irma Suryani Chaniago menilai Presiden Kedua RI Soeharto selama kekuasaannya tidak mengelola sumber daya alam (SDA) secara baik. Padahal, Indonesia kaya akan SDA.

"Kami bisa lihat zaman Orde Baru, sumber daya alam kita melimpah ruah. Kayu kita, hutan kita masih gila-gilaan, menjadi aset luar biasa. Timah, besi, baja, BBM, masih jadi andalan. Tetapi, pada masa itu kan tidak pernah terbarukan," kata Irma di Rumah Pemenangan Jokowi - Ma'ruf, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Senin (26/11).

Menurut Irma, hasil pengelolaan sumber daya alam pada era Orde Baru habis begitu saja untuk pemerintah. Dia melihat tidak ada inovasi dalam cara menjaga SDA agar tidak habis.

"Sekarang ini, tinggal cuci piringnya saja. Kita enggak punya timah lagi, BBM, bahan bakar, minyak kita sudah impor, kayu enggak punya lagi. Presiden sekarang ini harus putar otak bagaimana caranya menumbuhkan perekonomian di tengah ekonomi global yang luar biasa," jelas Irma.

Politikus Partai NasDem itu menegaskan, meski harga beras di masa Orde Baru hanya Rp 2.800 per kilo, tapi upah minimum regional cuma Rp 129 ribu. “Sekarang UMR kita Rp 3,6 juta UMR kita masih Rp 8 ribu, masih bagus sekarang," kata dia. (tan/jpnn)

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago menilai Presiden ke-2 RI Soeharto selama kekuasaannya tidak mengelola kekayaan sumber daya alam secara baik

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close