Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL – Kemenparekraf Jalin Kerja Sama Sadar Wisata

Rabu, 03 Februari 2016 – 06:01 WIB
TNI AL – Kemenparekraf Jalin Kerja Sama Sadar Wisata - JPNN.COM
Kepala Staf Gugus Tempur Koarmabar (Kasguspurlaarmabar) Kolonel Laut (P) Denih Hendrata mewakili TNI AL, menandatangani perjanjian kerja sama dengan Sesmenparekraf Ukuswara di Kemenparekraf RI, Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (2/2). FOTO: Koarmbar for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Perjanjian kerja sama TNI Angkatan Laut melalui Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sektor maritim di Indonesia, khususnya dalam menggali potensi pariwisata bahari di Sumatera Barat.

Demikian antarta lain amanat tertulis Pangarmabar Laksamana Muda TNI A. Taufiq R., yang dibacakan Kasguspurlaarmabar Kolonel Laut (P) Denih Hendrata pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama TNI Angkatan Laut dengan Kemenparekraf RI di Kantor Kemenparekraf,  Jakarta Pusat, Selasa (2/2).

Penandatangan kerja sama tersebut dilaksanakan oleh Kasguspurlaarmabar Kolonel Laut (P) Denih Hendrata mewakili TNI Angkatan Laut dan Sesmenparekraf Ukuswara dari Kemenparekraf RI.

Terkait dengan Latihan Bersama (Latma) Multilateral Komodo ke-2 yang akan dilaksanakan di Mandeh, Sumatera Barat (Sumbar) mendatang, Pangarmabar mengatakan Latma yang diikuti negara-negara asing tersebut akan melaksanakan rangkaian kegiatan berupa Engineering Civic Action Program (Encap). Yaitu kegiatan bantuan pembangunan sarana dan prasarana umum.

Hal ini merupakan implementasi sadar wisata dan Sapta Pesona Kemenparekraf  RI yang turut serta dalam menyukseskan Latma Multilateral Komodo sekaligus secara langsung membantu kesulitan masyarakat di kawasan tersebut. 

Selanjutnya Pangarmabar mengatakan, Latma tersebut merupakan salah satu tugas TNI di masa damai yaitu melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam bentuk maritime peacekeeping operation dan operasi kemanusiaan humanitarian assistance and disaster relief yang diwujudkan dengan membangun fasilitas umum yang akan dilaksanakan di kawasan wisata Mandeh, Sumbar.

Menurut Pangarmabar, latihan tersebut melibatkan 37 negara, 21 kapal perang negara peserta, 28 KRI dengan 5.700 prajurit. Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi wisata, yang akan membawa dampak positif dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah Sumbar.

Menurut Kepala Dispenarmabar, Letkol Laut (KH) Ariris Miftachurrahman, hadir dalam acara tersebut antara lain Aslog Danguspurlaarmabar, Kadiskumarmabar, Deputi Destinasi, Sesdeptinasi serta Sesdepkelembagaan Kemenparekraf RI.(fri/jpnn)

JAKARTA – Perjanjian kerja sama TNI Angkatan Laut melalui Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close