Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TOP! Ini Dia Kabar Gembira Bagi Coffee Lovers

Rabu, 06 April 2016 – 02:22 WIB
TOP! Ini Dia Kabar Gembira Bagi Coffee Lovers - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: Laman Care2

jpnn.com - Peminum kopi kini bisa bersukacita. Pasalnya, mengonsumsi beberapa cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko sirosis.

Kerusakan hati sering dikaitkan dengan penyalahgunaan alkohol dan gaya hidup yang berhubungan dengan fatty liver yang dihasilkan dari obesitas dan diabetes. Anehnya, kopi bisa mengurangi beberapa faktor yang menyebabkan sirosis.

Sebuah meta-analisis kompilasi hasil dari sembilan studi yang berbeda menemukan bagaimana peserta mampu menurunkan risiko sirosis sebesar 44 persen hanya dengan meminum dua cangkir kopi ekstra setiap hari.

Yang menarik adalah bahwa minum tiga cangkir ekstra kopi mengurangi risiko sebesar 57 persen dan empat cangkir menurunkan hingga 65 persen.

Sejauh ini belum ada obat untuk penyakit ini. Namun pengetahuan tentang pencegahan terhadap penyakit ini berkaitan dengan perubahan gaya hidup. Misalnya, obesitas dan diabetes merupakan kontributor utama untuk pengembangan sirosis. Kondisi ini tentunya bisa dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat.

Para peneliti mengingatkan untuk tetap menyadari betapa keseimbangan ini sangat penting dengan tujuan kesehatan, termasuk menghindari sirosis.

“Kopi adalah campuran kompleks yang mengandung ratusan senyawa kimia dan tidak diketahui mana yang bertanggung jawab untuk melindungi hati,” kata penulis studi, Dr. Oliver Kennedy, seperti dilansir laman Care2, Senin (4/4).

Antioksidan dan anti-inflamasi senyawa dalam kopi diduga berperan dalam melindungi hati terhadap sirosis.(fny/fri/jpnn)

Peminum kopi kini bisa bersukacita. Pasalnya, mengonsumsi beberapa cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko sirosis. Kerusakan hati sering

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close