Tren Baru Nih! Makin Banyak Remaja Kena Penyakit Kelamin

Rabu, 13 Januari 2016 – 07:02 WIB
Tren Baru Nih! Makin Banyak Remaja Kena Penyakit Kelamin - JPNN.COM
Ilustrasi. FOTO: pixabay.com

SURABAYA - Data soal penderita infeksi menular seksual (IMS) RSUD dr Soetomo begitu mengagetkan. Pasalnya sekarang IMS tidak lagi didominasi orang dewasa. Tapi sudah banyak remaja yang menjadi pasien rumah sakit gara-gara penyakit semacam itu. Detidaknya ada 30 pasien dari kalangan anak muda yang berobat karena mengidap IMS.

''Malah, sehari bisa sampai tiga pasien,'' ujar Ketua Divisi Infeksi Menular Seksual Bidang Kedokteran Kulit dan Kelamin RSUD dr Soetomo dr Dwi Murtiastutik SpKK (K) kemarin (12/1). Menurut dia, rentang usia para penderita juga semakin muda. Ada yang masih SMP.

Pasien laki-laki dan perempuan sama banyaknya. 

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu mengungkapkan, ada tiga jenis penyakit menular yang paling banyak menyerang remaja. Yang pertama kondiloma. Penyakit tersebut dikenal dengan nama lain jengger ayam atau kutil kelamin. Cirinya, di alat kelamin pasien tumbuh daging. 

Penyakit IMS lain yang sering menyerang remaja adalah herpes simplex genitalis. Cirinya, ada tonjolan kecil berair. Lokasinya bisa di alat kelamin, dubur, atau bibir. 

Satu lagi adalah gonorrhea atau kencing nanah. ''Dalam seminggu bisa sepuluh remaja datang berobat. Biasanya, empat di antaranya kondiloma, tiga herpes, satu gonorrhea, sisanya bisa sifilis,'' ujar Dwi. (nir/lyn/c17/fat/mas)

loading...