Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Tujuh Investor Berminat Investasi di Kawasan Industri Batang

Selasa, 30 Juni 2020 – 17:59 WIB
Tujuh Investor Berminat Investasi di Kawasan Industri Batang - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Twitter @jokowi

jpnn.com, BATANG - Presiden Joko Widodo meninjau Kawasan Industri Terpadu Batang dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah pada Selasa (30/6).

Sejauh ini, tujuh investor sudah menyatakan komitmen akan melakukan kegiatan usaha di kawasan tersebut.

Kawasan itu terletak di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Selain dikembangkan untuk menjadi salah satu tumpuan pengembangan industri di Indonesia, juga memberi kesempatan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat setempat.

"Kenapa kita buka kawasan industri di Batang ini? Satu saja jawabannya. KIta ingin membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya. Cipta lapangan kerja, itu yang kita tuju," ujar Jokowi dalam sambutannya sebelum peninjauan.

Pengembangan kawasan di wilayah tersebut salah satunya juga dimaksudkan untuk menyiapkan lokasi bagi perusahaan-perusahaan multinasional yang belakangan banyak melakukan relokasi dari Tiongkok ke sejumlah negara lainnya.

Setidaknya, kurang lebih 4 ribu hektare lahan disiapkan pemerintah untuk pengembangan kawasan industri terpadu ini. Pada fase pertama, 450 hektare dari jumlah tersebut disiapkan untuk membangun tiga zona, yakni manufaktur dan logistik, inovasi dan ekonomi kreatif, serta industri ringan dan menengah.

"Kita akan siapkan kurang lebih 4 ribu hektare di sini dan untuk tahapan pertama akan disiapkan kurang lebih 450 hektare terlebih dahulu," kata Presiden.

Sebagai salah satu nilai tambah dan daya saing, pemerintah mengonsepkan kawasan industri ini untuk memudahkan investor masuk ke Indonesia.

loading...