Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tunisia Rusuh, Kemlu Laporkan WNI Aman

Jumat, 21 Januari 2011 – 12:40 WIB
Tunisia Rusuh, Kemlu Laporkan WNI Aman - JPNN.COM
JAKARTA - Kisruh di Tunisia yang dipicu oleh perubahan konstelasi politik dan pemerintahan di negeri tersebut, seperti banyak diberitakan, memburuk dengan terjadinya kerusuhan massal dan berjatuhannya korban. Hal ini tentu mengancam keberadaan warga asing yang ada di sana, termasuk warga negara Indonesia (WNI). Terkait hal itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri (Menlu) Michael Tene menyebutkan, pemerintah RI pun terus memantaunya sekaligus mengambil langkah-langkah antisipatif.

"Untuk diketahui, (kita mencatat) ada sebanyak 120 orang WNI di Tunisia. Sejauh ini, tidak ada yang menadi korban (kerusuhan) dan mereka berada dalam keadaan relatif aman. Sebanyak 37 orang saat ini sudah kita tampung di Wisma Indonesia (kediaman resmi Dubes RI), 22 orang di kantor pemerintahan (Kedubes), serta sebanyak 17 orang menumpang di kediaman diplomat-diplomat kita ( di sana)," papar Michael, dalam acara press briefing di kantor Kemlu, Jakarta, Jumat (21/1).

Ditambahkan Michael pula, saat ini ada satu orang WNI yang dirawat dan berada di rumah sakit (di Tunis), namun tidak ada hubungannya dengan akibat dari kerusuhan yang terjadi, serta tetap berada dalam pengawasan perwakilan pemerintah RI. "Sedangkan sekitar 43 WNI lainnya, saat ini masih bertahan di kediaman mereka masing-masing, namun dalam kondisi relatif aman dan senantiasa kita pantau keselamatan dan keberadaannya. Sewaktu-waktu jika diperlukan, kita pun siap mengevakuasi mereka (termasuk ke tanah air, Red)," tambahnya.

Michael juga menyebutkan, sebelumnya dilaporkan memang ada dua orang WNI yang kebetulan bekerja di Istana Kepresidenan (Tunisia), yang sempat terjebak (tak bisa keluar) di tempat tersebut pada saat terjadinya puncak kerusuhan. Namun ia memastikan bahwa keduanya kemudian sudah bisa diselamatkan oleh pihak perwakilan pemerintah RI di ibukota salah satu negara Afrika itu. "Mereka baik-baik saja, dan sudah berhasil dijemput oleh pihak KBRI di Tunis," jelasnya. (ito/cha/jpnn)

JAKARTA - Kisruh di Tunisia yang dipicu oleh perubahan konstelasi politik dan pemerintahan di negeri tersebut, seperti banyak diberitakan, memburuk

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close