Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Turki Makin Songong di Laut Mediterania Timur, Simak Pernyataan Terbaru Erdogan Ini

Selasa, 25 Agustus 2020 – 16:47 WIB
Turki Makin Songong di Laut Mediterania Timur, Simak Pernyataan Terbaru Erdogan Ini - JPNN.COM
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: AFP

jpnn.com, ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa angkatan laut negaranya tidak akan mundur dari laut Mediterania bagian timur, meski ada kecaman dari Yunani dan ancaman dari negara-negara Uni Eropa.

"Pihak yang menempatkan Yunani di hadapan Angkatan Laut Turki tidak akan berdiri di belakang mereka," kata Erdogan usai rapat kabinet, Senin (24/8).

Dia pun menambahkan bahwa Pemerintah Yunani tidak berhak mengirim Navtex, peringatan navigasi dan cuaca maritim, di area yang diklaim oleh Turki.

"Yunani telah mengumumkan Navtex milik mereka sendiri dengan melanggar hukum dan cara yang tak elok. Dengan pendekatan ini, Yunani telah menanam sebuah kekacauan yang tidak akan bisa dihindari olehnya," ujar Erdogan.

Turki memperpanjang misi kapal Oruc Reis untuk survei eksplorasi sumber daya alam di kawasan Mediterania bagian timur hingga 27 Agustus, sehingga meningkatkan ketegangan di wilayah sengketa tersebut. Yunani sendiri menyebut survei itu ilegal.

Juru bicara Pemerintah Yunani Stelios Petsas, juga pada Senin, menyatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan Navtex yang memiliki tenggat waktu pada tanggal yang sama, 27 Agustus.

"Yunani merespons secara tenang dan dengan kesiapan dalam hal diplomatik maupun level operasional. Dan dengan kepercayaan diri bangsa, kami melakukan apa saja yang diperlukan untuk mempertahankan hak atas kedaulatan kami," kata Petsas.

Turki dan Yunani, keduanya merupakan sekutu dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), belakangan ini dengan keras saling menyatakan ketidaksetujuan terhadap klaim sumber daya hidrokarbon di Mediterania yang dilakukan masing-masing pihak. (ant/dil/jpnn)

Pernyataan terbaru Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan soal aktivitas militernya di Laut Mediterania Timur

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close