Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Turki Makin Songong, Yunani Minta Bantuan Amerika

Sabtu, 05 Oktober 2019 – 23:28 WIB
Turki Makin Songong, Yunani Minta Bantuan Amerika - JPNN.COM
Perdana Menteri Yunani terpilih Kyriakos Mitsotakis berjabat tangan dengan Perdana Menteri Alexis Tsipras di Maximos Mansion di Athena, Yunani, Senin (8/7/2019). Foto: REUTERS/Antara

jpnn.com, ATHENA - Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mendesak Amerika Serikat menggunakan pengaruhnya untuk meredam ketegangan di Mediterania Timur, Sabtu (5/10). Ketegangan yang dimaksud adalah perebutan antara Siprus dan Turki atas hak pengeboran lepas pantai.

Mitsotakis mengatakan kepada Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bahwa aksi Turki di selatan Siprus dalam beberapa hari belakangan merupakan pelanggaran kedaulatan yang sangat jelas.

Ketegangan Siprus dan Turki atas pengeboran lepas pantai semakin gencar setelah Ankara mengerahkan kapal pengebor ke area yang telah dilisensikan oleh Nikosia kepada perusahaan energi Italia dan Prancis.

"Amerika Serikat memiliki kepentingan tertentu di kawasan Mediterania Timur. Siprus hanya meminta bukti nyata implementasi hukum internasional," kata Mitsotakis kepada Pompeo, yang singgah di Yunani dalam tur perjalanannya ke Eropa selatan.

"Saya mengharapkan kontribusi positif Amerika Serikat untuk menciptakan akhir dari kerjasama yang lebih konstruktif dan bermanfaat di kawasan tersebut," kata Mitsotakis kepada Pompeo.

Ankara mengatakan sejumlah area tempat Siprus mengeksplorasi berada di landasan kontinennya sendiri atau di zona di mana Siprus Turki memiliki hak yang sama dari setiap penemuan Siprus-Yunani. (ant/dil/jpnn)

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mendesak Amerika Serikat menggunakan pengaruhnya untuk meredam ketegangan dengan Turki di Mediterania Timur, Sabtu (5/10).

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close