Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid, Begini Reaksi Amerika

Minggu, 12 Juli 2020 – 05:56 WIB
Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid, Begini Reaksi Amerika - JPNN.COM
Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Murad Sezer/djo

jpnn.com, WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) pada Jumat (10/7) mengungkapkan kekecewaan atas keputusan pemerintah Turki mengubah museum ikonik Hagia Sophia di Istanbul menjadi masjid.

"Kami kecewa dengan keputusan pemerintah Turki mengubah status Hagia Sophia," ungkap Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus dalam sebuah pernyataan.

"Kami memahami bahwa Pemerintah Turki tetap berkomitmen menjaga akses ke Hagia Sophia bagi semua pengunjung, dan menantikan rencana-rencana Turki untuk pengelolaan berkelanjutan Hagia Sophia demi memastikan tempat itu tetap dapat diakses oleh semua orang tanpa hambatan," imbuhnya.

Pada hari yang sama, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa Hagia Sophia akan dibuka untuk ibadah umat Muslim.

Hagia Sophia, yang telah berusia 1.500 tahun, yang awalnya berfungsi sebagai katedral dan kemudian menjadi masjid kekaisaran Ottoman, diubah menjadi museum pada 1935. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Amerika Serikat (AS) pada Jumat (10/7) mengungkapkan kekecewaan atas keputusan pemerintah Turki mengubah museum ikonik Hagia Sophia di Istanbul menjadi masjid

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close