Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Update Corona 20 Juni 2020 Belitung: FY, Seorang Perempuan Muda Terkonfirmasi Positif

Minggu, 21 Juni 2020 – 02:37 WIB
Update Corona 20 Juni 2020 Belitung: FY, Seorang Perempuan Muda Terkonfirmasi Positif - JPNN.COM
Ilustrasi tes virus corona. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, BELITUNG - Update corona 20 Juni 2020 menunjukkan seorang perempuan pekerja toko pakaian di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, FY (25), terkonfirmasi positif virus corona baru (COVID-19). Hal itu berdasarkan hasil tes usap di rumah sakit setempat.

“Pasien ini merupakan pasien positif ke-18 (lima sembuh, red.) yang ditemukan oleh tim gugus tugas," kata Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Sabtu (20/6).

Bupati Belitung yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung itu, mengatakan FY, warga Sumatera Barat yang datang ke Belitung melalui Jakarta pada 8 April 2020 untuk bekerja di salah satu toko pakaian di daerah setempat.

Ia menjelaskan, FY (25) datang ke Belitung pada tanggal 8 April 2020 untuk bekerja di toko pakaian dan selama di Belitung diketahui pasien tinggal di ruko pakaian tersebut sendiri.

Namun, ketika pasien melakukan uji cepat COVID-19 di salah satu rumah sakit swasta sebagai syarat perjalanan pulang ke daerah asalnya, diketahui hasilnya reaktif sehingga dirujuk ke RSUD Marsidi Judono Belitung untuk pemeriksaan ulang.

"Tiba di RSUD Belitung pasien dilakukan 'rapid tes' (tes cepat) ulang dengan hasil yang sama reaktif dan pasien langsung diisolasi untuk tes 'swab' (usap) PCR dan hasilnya positif COVID-19," ujarnya.

Hingga saat ini, Pusat Deteksi dan Isolasi COVID-19 RSUD dr. H. Marsidi Judono Belitung mengisolasi dan merawat 13 pasien positif COVID-19, dua orang tanpa gejala (OTG) dengan hasil tes cepat reaktif virus sehingga total pasien yang dirawat di ruang isolasi rumah sakit setempat berjumlah 15 pasien.

"Besar harapan kita semua semoga Allah SWT memberikan perlindungan dan pertolongan-Nya, jangan lupa untuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan," katanya.(Ant/fri/jpnn)

loading...