Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Usai Acara Habib Rizieq di Megamendung, 5 Warga Positif Covid-19

Sabtu, 21 November 2020 – 02:25 WIB
Usai Acara Habib Rizieq di Megamendung, 5 Warga Positif Covid-19 - JPNN.COM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat tiba di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11) guna menjalani pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan pada acara Habib Rizieq Shihab di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan sebanyak lima orang warga dinyatakan positif Covid-19 setelah acara tablig akbar di Megamendung, Kabupaten Bogor pada pekan lalu.

Diketahui, kegiatan di Megamendung itu dihadiri oleh Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab.

"Sudah kami periksa 400 warga yang berkumpul di sana dengan tes swab. Dari 400 orang itu ada lima orang positif," kata Ridwan Kamil di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (20/11).

Pemprov Jabar pun akan memberikan sanksi kepada Pemkab Bogor terkait acara yang berujung pada kerumunan massa di tengah pandemi itu. Baik sanksi teguran lisan, tertulis dan denda administratif.

Kang Emil -panggilan Ridwan Kamil menjelaskan bahwa saat acara tablig akbar tersebut, jajarannya dan aparat setempat telah melakukan upaya menertibkan massa dan menegakkan protokol kesehatan.

Pihaknya mencatat ada 1.200 orang pasukan keamanan yang terdiri dari Polri, TNI dan Satpol PP yang dikerahkan untuk menertibkan.

"Namun kalau (menghadapi) jumlah massa yang banyak, pilihan represif itu ada risiko yang harus diperhitungkan. Nah di situlah risiko pemimpin di lapangan," jelasnya.

Karena itu dia mengajak semua pihak untuk mengambil hikmah dari kasus pelanggaran protokol kesehatan ini agar ke depan semua pihak bisa kompak menaati protokol kesehatan demi memutus penularan virus corona.

loading...