Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Vatikan Dukung IBM dan Microsoft Soal Aturan Teknologi AI

Senin, 02 Maret 2020 – 16:41 WIB
Vatikan Dukung IBM dan Microsoft Soal Aturan Teknologi AI - JPNN.COM
Ilustrasi artificial intelligence. Foto: pixabay

jpnn.com - Vatikan mendukung keinginan perusahaan teknologi seperti Microsoft dan IBM, untuk mengatur teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

IBM dan Microsoft berpendapat AI harus menghormati privasi, dapat diandalkan dan tanpa prasangka, mempertimbangkan hak asasi manusia dan bekerja secara transparan.

Senada itu, Paus Fransiskus, melalui perwakilan, menyampaikan gagasan sama di konferensi yang dihadiri bos Microsoft Brad Smith dan IBM John Kelly. Paus Fransiskus sedang sakit sehingga tidak bisa menghadiri acara tersebut.

Paus Fransiskus meminta algoritme dikembangkan secara etik, disebut "algor-ethics", karena ada kemungkinan AI disalahgunakan untuk mengekstrak data tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Pernyataan bersama dari Vatikan, IBM dan Microsoft secara spesifik menyoroti penyalahgunaan teknologi pengenal wajah.

"Regulasi baru harus dibuat untuk meningkatkan transparansi dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip etis, terutama untuk teknologi tingkat lanjut yang berisiko tinggi terhadap HAM, misalnya pengenal wajah," kata pernyataan bersama itu.

Belum diketahui apakah akan ada perusahaan teknologi lain yang bergabung dengan ketiga lembaga tersebut.

IBM dan Microsoft mengatakan mereka menolak kesepakatan bisnis jika tidak yakin bagaimana teknologi mereka akan digunakan konsumen, Reuters. (antara/jpnn)

Vatikan mendukung keinginan perusahaan teknologi seperti Microsoft dan IBM, untuk mengatur teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close