Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waduh.. KKP Disemprot Pemerintah Rusia

Kamis, 04 Juni 2015 – 17:57 WIB
Waduh.. KKP Disemprot Pemerintah Rusia - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendapat nota protes dari Rusia terkait banyaknya kandungan zat berbahaya berupa merkuri dalam produk ekspor perikanan Indonesia.

Nota protes tersebut diterima oleh Direktur Jenderal Badan Karantina Ikan dan Mutu (BKIPM) Narmoko Prasmadji. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan KKP, dalam lima tahun terakhir Indonesia menjadi negara penghasil tuna terbesar di dunia.

"Saya mendapat teguran dari Rusia karena kandungan merkuri dalam tuna yang kami ekspor melebihi ambang batas merkuri yang cukup berbahaya. Karena laut-laut yang tuna itu lewati sudah tercemar," ungkap Narmoko Gedung KKP, Jakarta, Kamis (4/6).

Narmoko menjelaskan, saat ini kemampuan Indonesia dalam mengelola sumber daya perikanan sedang menjadi sorotan dunia. Terlebih, dengan diterbitkannya sejumlah aturan pemerintah yang melarang penggunaan alat tangkap tidak ramah lingkungan melalui Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor 2 tahun 2015.

Mendapat nota protes tersebut, pemerintah akan memberikan perlakuan khusus terhadap produk perikanan yang menjadi komoditas andalan ekspor Indonesia.

"Setiap komoditas nantinya akan punya penanganan yang berbeda. Misalnya udang punya karakteristik yang berbeda, maka akan kami perlakukan berbeda," jelas Narmoko. (chi/jpnn)

 

 

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendapat nota protes dari Rusia terkait banyaknya kandungan zat berbahaya berupa merkuri dalam

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close