Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wanita yang Kelihatan Awet Muda Lebih Panjang Umur

Jumat, 06 Desember 2013 – 10:26 WIB
Wanita yang Kelihatan Awet Muda Lebih Panjang Umur - JPNN.COM

jpnn.com - WANITA mana yang tidak iri melihat wanita lain yang lebih muda atau wajahnya terlihat awet muda meski sudah berumur. Menurut sebuah studi baru, mereka wajar merasa iri karena wanita yang terlihat jauh lebih muda dari usia sebenarnya juga cenderung panjang umur.

Peneliti mengatakan wanita yang terlihat muda bisa hidup lebih lama dari rekan-rekannya yang tampak lebih tua dari usianya karena memiliki tekanan darah yang rendah sehingga risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke lebih kecil.

"Untuk pertama kalinya ditemukan kaitan antara tekanan darah dan penampilan yang awet muda. Temuan ini memberikan bukti baru untuk mengungkapkan manfaat signifikan lain dari gaya hidup sehat," kata ketua tim peneliti senior dari Unilever, Dr. David Gunn, seperti dilansir laman International Business Times, Kamis (5/12).

"Tidak hanya itu, kami juga menemukan bahwa fitur wajah yang dapat dikaitkan dengan tekanan darah tidak hanya keriput namun juga apa yang sering kita sebut sebagai kulit wajah yang mengendur (sag)," tambahnya lagi.

Lalu semuda apa wanita yang dianggap berisiko kecil terkena serangan jantung? Studi yang dipublikasikan dalam Journals of Gerontology ini menemukan wanita dengan risiko penyakit jantung terendah terlihat dua tahun lebih muda daripada usia yang sebenarnya. Fakta itu diperoleh peneliti setelah mengamati 514 wanita dewasa dengan usia rata-rata 63 tahun.

Namun ternyata kondisi ini tidak hanya terjadi pada wanita. Pria dari keluarga yang rata-rata berumur panjang juga terlihat 1,4 tahun lebih muda dibandingkan dengan rekan-rekan sebayanya. Baik wanita maupun pria dari keluarga berumur panjang pun diketahui memiliki lebih sedikit keriput pada lengan atasnya dibandingkan orang-orang seusianya.

"Temuan itu menunjukkan bahwa keluarga yang gaya hidupnya sehat juga mengalami perlambatan proses penuaan, dan bagi pria, wajahnya akan terlihat lebih muda," pungkas Dr. Gunn.

Setidaknya, studi ini diharapkan bisa mendorong orang-orang agar mengadopsi gaya hidup sehat dan rutin mengecek tekanan darahnya karena studi ini memperlihatkan bahwa faktor tersebut tidak hanya berdampak pada kesehatannya namun juga penampilan fisik mereka.(fny/jpnn)

WANITA mana yang tidak iri melihat wanita lain yang lebih muda atau wajahnya terlihat awet muda meski sudah berumur. Menurut sebuah studi baru, mereka

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close