Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Beijing Makin Makmur

Efek Tuan Rumah Olimpiade

Jumat, 22 Agustus 2008 – 10:41 WIB
Warga Beijing Makin Makmur - JPNN.COM
Suasana jalanan kota Beijing. Pertumbuhan ekonomi terus meningkat. Foto: Beky Subechi/JP
BEIJING – Olimpiade Beijing 2008 tidak hanya menjadi ajang pamer Tiongkok. Even yang akan ditutup Minggu lusa (24/8) itu juga memberikan dampak positif langsung terhadap rakyat, khususnya warga Beijing.

 Berdasar penelitian Beijing Olympic Economy Research Association (BOERA), Olimpiade memiliki korelasi positif dengan peningkatan perekonomian warga Beijing. Tidak hanya selama berlangsungnya even tersebut, hal itu terjadi sejak lima hingga enam tahun lalu ketika Beijing dinyatakan sebagai pemenang pemilihan tuan rumah Olimpiade XXIX.

 ”Selama kurun waktu 2002 sampai 2007, perekonomian Beijing meningkat sekitar 12,1 persen. Itu jauh lebih tinggi 1,8 persen dibandingkan periode sebelumnya. Berdasar penelitian yang kami lakukan, sebesar 1 persen pertumbuhan itu merupakan dampak dari Olimpiade,” kata Chen Jian, presiden eksekutif BOERA, dalam konferensi pers di Main Press Center.

 Secara nyata, pertumbuhan perekonomian yang semakin baik itu bisa dilihat dari meningkatnya GDP per kapita secara drastis. Pada 2001, nilainya mencapai USD 3.262 per tahun. Memasuki 2007, angka tersebut mencapai USD 7.654 atau meningkat lebih dari dua kali lipat.

 Itu membuat Beijing bisa menyejajarkan diri dengan ibu kota negara lain yang telah maju. ”Belum lagi infrastruktur yang semakin baik, mulai sarana transportasi sampai perlindungan terhadap lingkungan. Ini menjadikan Beijing semakin bersaing dengan kota-kota besar lain di dunia,” lanjutnya.

 Dalam hal pengurangan polusi, misalnya, Olimpiade ”memaksa” Beijing untuk menyediakan bus tenaga listrik. Bus tersebut melayani orang yang terlibat di Olimpiade, mulai atlet, ofisial, hingga wartawan. Mereka juga telah membangun stasiun pengisian listrik bus tersebut di dekat stasiun subway Beitucheng, stasiun terdekat dengan kompleks Green Olympic.

 Pada level korporasi, Olimpiade juga menjadi ajang bagi perusahaan-perusahaan di Tiongkok untuk mengenalkan diri ke dunia internasional. Sohu dan Yanjing Beer misalnya. Mereka bakal lebih dikenal di dunia internasional karena menjadi sponsor resmi Olimpiade XXIX.

 Kompleks Green Olympic yang saat ini menjadi pusat penyelenggaraan Olimpiade akan menjadi pusat bisnis baru. Apartemen yang saat ini menjadi tempat menginap para atlet dan ofisial itu pada 2009 bakal menjadi kawasan apartemen elite. (ang/aww)

BEIJING – Olimpiade Beijing 2008 tidak hanya menjadi ajang pamer Tiongkok. Even yang akan ditutup Minggu lusa (24/8) itu juga memberikan dampak

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close