Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Korsel Dilarang Bawa Bendera Korut di Asian Games

Jumat, 12 September 2014 – 16:47 WIB
Warga Korsel Dilarang Bawa Bendera Korut di Asian Games - JPNN.COM

jpnn.com - KOREA Selatan menegaskan larangan bagi warga negaranya untuk membawa bendera Korea Utara dalam pagelaran Asian Games. Larangan itu sekaligus menegaskan isu kontroversial yang berkembang soal penggunaan bendera Korea Utara jelang pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia itu yang akan digelar seminggu lagi itu.

"Warga Korea Selatan dilarang memeiliki bendera Korea Utara atau membawanya ke stadium," kata juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Lim Byeong-cheol dalam konferensi persnya Jumat (12/9).

Yonhap mengabarkan, keputusan itu diambil setelah pemeirntah meninjau masalah tersebut dengan mempertimbangkan karakteristik unik dari hubungan kedua Korea serta sentimen nasional yang berkembang di Korea Selatan.

Perlu diketahui, Asian Games yang digelar di kota pelabuhan Incheon Korea Selatan pada tanggal 19 September hingga 4 Oktober mendatang itu melibatkan 45 negara Asia, tak terkecuali Korea Utara.

Negara serumpun itu mengirimkan sebanyak 273 delegasinya ke Incheon untuk bertanding dalam sejumlah cabang olahraga. Jelang perhelatan akbar itu, bendera dari 45 negara dikibarkan di sepanjang jalan di Incheon, termasuk bendera Korea Utara. Namun hal itu memicu protes dan kontroversi dari warga Korea Selatan.

Pemerintah Korea Selatan kemudian menurunkan semua bendera negara peseta dan menggantinya dengan bendera Komite Olimpiade dan bendera Asian Games. Selain itu, ditegaskan juga soal larangan membawa bendera Korea Utara selama pesta olahraga digelar.

Namun demikian, Kementerian Unifikasi memastikan bahwa pengibaran bendera Korea Utara diijinkan di stadion dan wisma atlet. (rmo/jpnn)

KOREA Selatan menegaskan larangan bagi warga negaranya untuk membawa bendera Korea Utara dalam pagelaran Asian Games. Larangan itu sekaligus menegaskan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close