Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Ada Potensi Banjir dan Longsor

Senin, 10 Oktober 2022 – 18:43 WIB
Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Ada Potensi Banjir dan Longsor - JPNN.COM
BMKG mengeluarkan peringatan soal potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia termasuk DKI Jakarta.

Informasi dari BMKG mengungkap hasil analisis terkini yang menunjukkan bahwa cuaca ekstrem tersebut berlangsung sejak 9 hingga 15 Oktober 2022.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin.

Hal itu dapat meningkatkan aktivitas konvektif, pertumbuhan awan hujan, hingga aktifnya fenomena gelombang atmoster seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

“Interaksi ini secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan,” kata Dwikorita, Senin (10/10).

Oleh sebab itu, BMKG memprakirakan adanya potensi curah hujan dengan disertai kilat atu petir dan angin kencang untuk sepekan ke depan.

Dwikorita pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem itu.

“Cuaca ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang,” tambahnya. (mcr4/jpnn)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia termasuk di Jakarta.

Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close