Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada Cuaca Hari Ini untuk Sebagian Besar Wilayah di Indonesia

Senin, 29 April 2024 – 06:48 WIB
Waspada Cuaca Hari Ini untuk Sebagian Besar Wilayah di Indonesia - JPNN.COM
BMKG memprakirakan cuaca hari ini. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI membagikan prakiraan cuaca hari ini, Senin (29/4).

BMKG menyebutkan mayoritas kota-kota besar di Indonesia berawan hingga hujan.

Dikutip dari laman resmi BMKG.go.id cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di sejumlah daerah seperti Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Serang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Kupang, dan Tarakan.

BMKG juga memperkirakan cuaca berawan Jakarta, Bandung, Banjarmasin, Ternate, Manokwari, serta Jayapura, dengan awan yang lebih tebal.

Selain itu BMKG juga memperkirakan sejumlah daerah bakal diguyur hujan, seperti Padang, Bandar Lampung, Pontianak, Palangka Raya, Samarinda, Mataram, Makassar, Kendari, dan Ambon, dengan intensitas ringan.

Adapun hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Mamuju, Gorontalo, dan Manado dengan suhu udara antara 23-33 derajat Celsius dengan dan kelembapan berkisar 65-95 persen.

BMKG juga mengingatkan kepada masyarakat di sejumlah wilayah seperti Jambi, Palembang, Tanjung Pinang, dan Pangkal Pinang, akan potensi hujan dengan disertai petir pada siang hari ini.

BMKG menjelaskan potensi cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dipengaruhi oleh Madden Julian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif di wilayah Indonesia dan baru tidak aktif pada akhir April 2024.

"MJO aktif berkaitan dengan potensi peningkatan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB Cakra Mahasurya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI membagikan prakiraan cuaca hari ini, Senin (29/4).

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close