Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada Hujan dan Petir Hari Ini

Senin, 10 Juni 2024 – 07:16 WIB
Waspada Hujan dan Petir Hari Ini - JPNN.COM
Ilustrasi - Hujan lebat disertai petir. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras/aa).

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang disertai angin kencang, kilat, dan petir pada Senin (10/6).

BMKG menyebutkan cuaca ekstrem berpotensi menerjang mayoritas wilayah di Indonesia pada hari ini.

Dikutip dari laman resmi BMKG, wilayah yang berpotensi terdampak terjangan tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi,Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, dan Bali.

Kemudian Wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan timnya mendapati potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia yang masih tinggi setidaknya hingga bulan September meski juga sudah mulai memasuki musim kemarau.

Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby, Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik serta potensi pembentukan daerah belokan dan perlambatan angin.

Kondisi ini bisa menimbulkan dampak cuaca ekstrem kebencanaan hidrometeorologi yang meliputi banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan, tanah longsor dan seterusnya meski pun di saat yang bersamaan Indonesia mulai dilanda musim kemarau yaitu Juni-September 2024.

Oleh sebab itu, BMKG pun meminta masyarakat untuk selalu memperbarui informasi melalui kanal resmi info BMKG dan menghindari berita hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang disertai angin kencang, kilat, dan petir pada Senin (10/6).

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close