Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Penyanderaan Tembagapura

Wiranto: Langkah Tegas Memang Diperlukan untuk Hadapi KKB

Kamis, 16 November 2017 – 16:29 WIB
Wiranto: Langkah Tegas Memang Diperlukan untuk Hadapi KKB - JPNN.COM
Wiranto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (menkopolhukam) Wiranto menegaskan aparat kepolisian maupun TNI jangan ada yang mengedepankan kekerasan dalam menyelesaikan persoalan di Papua.

Wiranto menyatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan supaya aparat keamanan di Papua terlebih dahulu menyelesaikan masalah di sana secara persuasif, bukan berorientasi kekerasan.

"Kalau aparat keamanan sudah bertindak, itu merupakan tindakan sewenang-wenang," tegas Wiranto di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Kamis (16/11).

Mantan Panglima ABRI ini mengaku tidak ingin aparat di Papua terpancing oleh provokasi-provokasi yang menghendaki adanya kegaduhan di Papua. Kecuali terkait Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), langkah tegas menurutnya memang diperlukan.

"Kalaupun aparat keamanan Indonesia, baik Polri yang diperkuat TNI nanti melakukan langkah-langkah tegas dan kuat di Papua, itu karena memang harus dilakukan untuk melawan KKB," ujarnya.

Dia menambahkan, masalah yang masuk kategori kriminal harus diselesaikan secara hukum, dan tegas oleh aparat kepolisian yang diperkuat aparat militer. Sebab, pihaknya juga tidak ingin aparat di sana mati konyol.

"Kita tetapkan orientasikan selesaikan masalah dengan cara persuasif. Tapi ada batas tertentu, ada saatnya kita tegas. Kita instruksikan kepada aparat keamanan," tambahnya.(fat/jpnn)

Tak mau ada yang mati konyol, Menkopolhukam Wiranto persilakan aparat gunakan kekerasan terhadap KKB

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close