Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yakin KPU Lebih Siap jika Pemilu Serentak 9 Juli

Minggu, 12 Januari 2014 – 18:27 WIB
Yakin KPU Lebih Siap jika Pemilu Serentak 9 Juli - JPNN.COM
Ray Rangkuti usai menghadiri acara diskusi di Kedai Kopi Deli, Jln Sunda no 7, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/1). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Aliansi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Serentak terus mendorong agar penyelenggaraan pemilu legislatif digelar berbarengan dengan pemilu pemilihan presiden (pilpres).

Menurut Ray Rangkuti, salah satu anggota aliansi itu,  jika pemilu serentak dilakukan, maka pileg diselenggarakan bersamaan dengan Pilpres pada 9 Juli 2014. Hal itu, katanya, justru akan membantu KPU dalam persiapan Pemilu.

"Justru KPU pasti lebih siap. Perusahaan-perusahaaan yang produksi logistik pemilu juga jauh lebih siap. Kenapa, karena waktu mereka untuk siapkan pemilu serentak ini jauh lebih panjang. Pileg dan pilpres digabung untuk 2014. Tinggal nanti 2019 dicarilah selisihnya antara Pileg dan Pilpres. Kalau yang sekarang kita jadikan satu," ujar Ray di Jakarta Pusat, Minggu, (12/1).

Selain KPU, sambung Ray, para caleg juga akan diuntungkan karena memiliki banyak waktu untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Menurut Ray, nantinya Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan diatur kembali.

"Yang jadi pertanyaan kita berapa DPT-nya. Apa mau pakai DPT Desember 2012 lalu atau pakai DPT yang sesuai pilpres. Tapi itu bukan masalah signifikan," sambung Ray.

Jika jadwal Pileg yang seharusnya dilaksanakan pada bulan April 2014 dimundurkan dan dilaksanan bersama Pilpres 9 Juli 2014, maka akan terjadi kekosongan di DPR RI selama sekitar 3 bulan. Para anggota dewan yang lama sudah berakhir jabatannya pada bulan April.

Bagaimana menjawab masalah itu? Ray menyatakan itu bisa dicarikan solusi dengan membuat payung hukum berupa Perppu yang mengatur mengenai hal itu. (flo/jpnn)

 

JAKARTA--Aliansi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Serentak terus mendorong agar penyelenggaraan pemilu legislatif digelar berbarengan dengan pemilu

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA