Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Modifikasi Cuaca untuk Seluruh Indonesia

Minggu, 10 Februari 2013 – 06:32 WIB
Modifikasi Cuaca untuk Seluruh Indonesia - JPNN.COM
BANJARMASIN - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) memastikan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) tidak hanya digunakan untuk mengatasi bencana banjir di DKI Jakarta saja. Menristek Gusti Muhammad Hatta menegaskan, seluruh daerah di Indonesia berhak memanfaatkan teknologi itu.

Gusti menuturkan, uji coba penggunaan teknologi itu memang bertepatan dengan musibah banjir di Jakarta. "Tapi sejatinya, daerah-daerah lain juga bisa memanfaatkannya," tutur dia di kampus Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Sabtu (9/2).

Mantan Menteri Lingkungan Hidup itu memastikan jika pihaknya hanya menyiapkan sumber daya teknologi dan manusianya saja. "Untuk anggaran, silahkan pemda meminta ke BNPB," tutur Gusti.

Dari hasil uji coba lalu, Gusti mengaku puas dengan penggunaan teknologi itu. Dia mengatakan tim TMC bisa merekayasa hujan ketika gumpalan awan masih di atas laut. Jadi, dengan cara ini resiko hujan lebat di daratan dan berpotensi banjir tidak terjadi.

BANJARMASIN - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) memastikan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) tidak hanya digunakan untuk mengatasi bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close