Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gali Inovasi Kreatif dari Forum RT-RW, Siaga 24 Jam Terbitkan SKTM

Rabu, 20 Agustus 2014 – 23:23 WIB
Gali Inovasi Kreatif dari Forum RT-RW, Siaga 24 Jam Terbitkan SKTM - JPNN.COM
Lurah Sungai Lekop, Muhammad Riduan menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi. Foto: Batam Pos

jpnn.com - KELURAHAN Sungai Lekop hanya noktah hitam kecil di peta Provinsi Kepulauan Riau. Tapi, noktah kecil itu menggores prestasi besar setelah Menteri Dalam Negeri RI, Gamawan Fauzi menobatkannya sebagai kelurahan terbaik ketiga se-Indonesia, Sabtu (16/8) lalu, di Ballroom Hotel Redtop, Jakarta.

FATIH MUFTIH, Bintan.

Kantor kelurahan yang merupakan hasil pemekaran dari kecamatan Bintan Timur ini berada di Jalan Korindo KM 21. Sekilas, bentuk bangunannya biasa-biasa saja, sebagaimana kantor kelurahan kebanyakan. Akan tetapi, selangkah melewati pintu masuk, akan terasa berbeda nuansanya.

Nuansa yang menyeruak di kantor beratap biru itu justru laiknya nuansa sebuah bandar udara (bandara). Ada televisi yang memaparkan informasi terkini. Bila di bandara lazimnya mewartakan jadwal penerbangan, di kantor kelurahan Sungai Lekop layar digital itu menampilkan informasi paling anyar mengenai peraturan, kebijakan, atau sekadar jadwal kegiatan.

Sedikit mendongakkan kepala, ada papan berukuran panjang sekitar lima meter dengan dominan warna biru bergaris kuning. Bila di bandara papan itu menginformasikan ruang-ruang tunggu yang mesti didatangi calon penumpang pesawat terbang, di kantor kelurahan Sungai Lekop papan itu menunjukkan arah menuju loket pengurusan administrasi kelurahan.

Ada empat lorong loket pelayanan pengurusan dengan klasifikasi berbeda. Tak boleh masuk salah loket bila pengurusan administrasi ingin segera dilaksanakan.

Loket 1 untuk pengurusan perizinan dan pembangunan, loket 2 pelayanan administrasi kependudukan, loket 3 pelayanan administrasi kesejahteraan dan pengaduan masyarakat, dan loket 4 pelayanan administrasi pertanahan.

Disusun pembedaan loket pelayanan semacam ini agar tak menyulitkan masyarakat Sungai Lekop dan petugas untuk segera melayani pengurusan yang diajukan.

KELURAHAN Sungai Lekop hanya noktah hitam kecil di peta Provinsi Kepulauan Riau. Tapi, noktah kecil itu menggores prestasi besar setelah Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close