Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Luncurkan KA Jayabaya, KAI FasilitasiKalangan Difabel

Minggu, 19 Oktober 2014 – 03:30 WIB
Luncurkan KA Jayabaya, KAI FasilitasiKalangan Difabel - JPNN.COM
Salah satu gerbong KA Jayabaya jurusan Stasiun Pasar Senen-Malang yang diluncurkan Sabtu (18/10). Foto: Yessy Astrada/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali meluncurkan KA Jayabaya kelas ekonomi relasi Pasar Senen-Malang. Peluncuran itu ditandai dengan pelepasan keberangkatan KA Jayabaya rute Malang-Surabaya-Pasar Senen oleh Direktur Utama KAI, Ignasius Jonan.

Menurut Jonan, peluncuran KA Jayabaya itu untuk memenuhi permintaan masyarakat yang cukup tinggi, khususnya untuk rute Jakarta-Malang. Sebab, selama rute Jakarta-Malang hanya dilayani oleh empat KA, yaitu KA Matarmaja dan KA Majapahit untuk kelas ekonomi, serta KA Gajayana dan Bima untuk kelas eksekutif.

"Pokoknya kita mengikuti permintaan dari masyarakat saja," ujar Jonan saat peluncuran KA Jayabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (18/10).

Yang lebih istimewa lagi, kata Jonan, KA Jayabaya meski tergolong kelas ekonomi namun memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Bahkan KA itu juga dirancang untuk memfasilitasi penyandang cacat (difabel).

"Untuk fasilitas sama seperti KA yang lainnya, yaitu fasilitas AC, stop kontak di masing-masing tempat duduk serta desain interior yang lebih bagus. Cuma bedanya ini ada untuk difabel," ungkapnya.

KA Jayabaya ini juga menggunakan rangkaian baru dengan jarak antar-tempat duduk yang relatif lebih luas daripada KA ekonomi biasa. "Total jumlah penumpang yang dapat diangkut sebanyak 608 penumpang," katanya.

Tarif yang diberlakukan untuk KA Jayabaya ini memakai subsidi (PSO) dengan menerapkan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB). Untuk TBA, Malang-Jakarta dipatok Rp 400 ribu. Sedangkan untuk BBB, harga tiket Malang-Jakarta Rp 190 ribu.(chi/jpnn)

 

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali meluncurkan KA Jayabaya kelas ekonomi relasi Pasar Senen-Malang. Peluncuran itu ditandai dengan pelepasan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close