Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bukan Main..Pak Jokowi Habiskan Rp11,5 M Untuk Rayakan HUT RI

Senin, 17 Agustus 2015 – 08:58 WIB
Bukan Main..Pak Jokowi Habiskan Rp11,5 M Untuk Rayakan HUT RI - JPNN.COM
Uchok Sky Khadafi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur CBA (Center for Budget Analysis), Uchok Sky Khadafi membeberkan biaya yang dihabiskan untuk acara peringatan HUT RI ke-70 ala Presiden Joko Widodo. Menurutnya, APBN yang digelontorkan mencapai Rp11,5 miliar.

Alokasi ini menurutnya begitu wah, di saat rakyat harus menghadapi sulitnya perekonomian nasional. "Tetapi, buat Presiden Jokowi, anggaran untuk merayakan 17-an tinggal ambil dan sudah ada alokasi budgetnya dari APBN. Lihat saja, anggaran untuk merayakan 17 Agustus 2015 sudah tersedia sebesar Rp11,5 milar," kata Uchok di Jakarta, Senin (17/8).

Uchok menyayangkan, alokasi anggaran ini seperti dinodai oleh sikap bermewah-mewah. Itu karena biaya yang dikeluarkan untuk pembelian suvenir HUT RI, yang tak sedikit jumlahnya.

"Alokasi anggaran untuk paket souvenir tidak masuk akal dan mahalnya bukan main ya Pak Presiden Jokowi. Masa untuk suvenir saja, bisa dihabiskan sampai sebesar Rp1,8 miliar. Wow, ini bisa-bisa isinya emas," celetuknya.

Dari hasil analisis CBA, Uchok mengungkap adanya potensi kerugian Negara sebesar Rp473,314,720, yang disebabkan panitia lelang memenangkan lelang pada perusahaan dengan penawaran lebih tinggi dan mahal. Sehingga besar kemungkinan ada upaya untuk mark up anggaran.

"Terakhir yang ditemukan adalah adanya dua perusahaan bisa memenangkan 2 item pengadaan. Ini cukup aneh dan janggal. Perusahaan tersebut adalah, Anugerah Sejahtera Amanah," ungkapnya.

Sebagai contoh, lanjut Uchok, perusahaan ini memenangkan pengadaan sewa pemasangan dan pembongkaran tenda beserta kelengkapannya dalam rangka acara Resepsi Kenegaraan pada Peringatan HUT ke-70 RI tahun 2015 di halaman tengah Istana Kepresidenan dengan alokasi sebesar Rp875 juta.

Kedua, sewa pemasangan dan pembongkaran tenda beserta Kelengkapannya di Halaman Depan Istana Merdeka dalam rangka Peringatan HUT Ke-70 RI Tahun 2015 dengan alokasi sebesar Rp2,5 miliar.

JAKARTA - Direktur CBA (Center for Budget Analysis), Uchok Sky Khadafi membeberkan biaya yang dihabiskan untuk acara peringatan HUT RI ke-70 ala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close