Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Median: Anies-Sandi Unggul Cukup Jauh, Tapi...

Senin, 06 Maret 2017 – 14:48 WIB
Survei Median: Anies-Sandi Unggul Cukup Jauh, Tapi... - JPNN.COM
Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Hasil survei Media Survei Nasional (Median) memperlihatkan, elektabilitas pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul dari pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Pasangan nomor urut tiga itu dipilih 46,3 persen responden. Selisihnya lumayan jauh yakni 6,6 persen dari elektabilitas Ahok-Djarot yang hanya 39,7 persen.

"Tapi meski Anies-Sandi unggul sementara dengan margin 6 persen, namun tingkat undecided (responden yang belum menyatakan pilihan,red) mencapai 14 persen. Berarti peluang untuk saling salip tetap terbuka," ujar Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (6/3).

Menurut Rico, ada beberapa penyebab elektabilitas Anies-Sandi lebih unggul. Antara lain, sekitar 35 persen responden yang sebelumnya memilih Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni pada putaran pertama pemilihan Gubernur DKI 15 Februari lalu, lebih memilih Anies-Sandi.

Sementara pemilih Agus-Sylvi yang memilih Ahok-Djarot, hanya sekitar sepuluh persen.

"Tapi yang undecided mencapai 55 persen. Pemilih Ahok-Djarot maupun Anies-Sandi pada putaran pertama kemarin, relatif menjawab akan tetap pada pilihan mereka di putaran pertama," ucap Rico.

Alasan lain tingginya elektabilitas Anies-Sandi kata Rico, karena ada gelombang semangat untuk memilih pasangan lain, asal bukan Ahok.

"Alasan memilih Anies-Sandi karena seagama itu mencapai 27,1 persen," tutur Rico.

 Hasil survei Media Survei Nasional (Median) memperlihatkan, elektabilitas pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close