Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wouw...Kampung Salim Kancil Ternyata Penghasil Pasir Besi Terbaik Indonesia, Ini Buktinya

Minggu, 04 Oktober 2015 – 04:35 WIB
Wouw...Kampung Salim Kancil Ternyata Penghasil Pasir Besi Terbaik Indonesia, Ini Buktinya - JPNN.COM
FOTO: Laman Lumajang Satu

jpnn.com - JAKARTA - Menarik bila melihat data-data tentang potensi pertambangan khususnya galian golongan C yang dimiliki Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tepatnya di kampung Almarhum Salim Kancil, seorang aktifis yang tewas dibantai ‘preman’ pro pertambangan pada, 26 September 2015 lalu.

Setelah ditelisik, Lumajang, termasuk Desa Selok Awar Awar di Kecamatan Pasirian merupakan penghasil tambang pasir besi terbanyak dan terbaik di Indonesia. Hal ini seperti termuat dalam situs Pemerintah Kabupaten Lumajang, yang diakses JPNN.com, Minggu (4/10).

“Kabupaten Lumajang mempunyai potensi cadangan pasir besi paling luas di Indonesia. Demikian, menurut survei beberapa investor yang datang.” Ini merupakan data yang bersumber dari Bagian Ekonomi Kabupaten Lumajang.

Besarnya potensi daerah ini tidak terlepas dari keberadaan Gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru, yang terletak di Kabupaten Lumajang. Hal ini pula yang mendorong dan membawa berkah berlimpah khususnya bahan galian golongan C seperti jenis pasir, batu, coral dan sirtu yang tak pernah habis dan berhenti mengalir.

Potensi bahan Galian golongan C jumlahnya akan bertambah terus sesuai dengan kegiatan rutin Gunung Semeru yang mengeluarkan material kurang lebih satu juta meter kubik (M3) pertahun. Bukan saja kuantitasnya yang sangat besar, namun kualitasnya juga sangat baik dan terbaik di Jawa Timur.

Berbagai penelitian menyimpulkan, unggulnya kualitas pasir gunung semeru karena kandungan tanah (lumpur) sedikit, butiran pasirnya standar serta warna dan daya rekatnya yang baik.

Khusus pasir besi, area pasir yang mengandung zat besi itu bisa mencapai 60 ribu Ha. Disamping rata-rata kadar besinya antara 30 hingga 40 persen.

Areal tambang pasir besi membentang luas dan memanjang di pantai selatan. Kabupaten Lumajang kaya akan pasir besi ini lantaran pernah mendapat muntahan dari gunung Semeru.

JAKARTA - Menarik bila melihat data-data tentang potensi pertambangan khususnya galian golongan C yang dimiliki Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tepatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close