Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wah, di Rumah Warga Ada Benda Pemujaan Zaman Purbakala

Jumat, 26 Februari 2016 – 06:32 WIB
Wah, di Rumah Warga Ada Benda Pemujaan Zaman Purbakala - JPNN.COM
Temuan benda purbakala di rumah warga. Foto: pojokpitu.com

jpnn.com - NGANJUK--Badan Pelestarian dan Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur mendatangi sejumlah rumah warga, yang diduga terdapat benda purbakala. Dari beberapa lokasi yang dikunjungi, BPCB memastikan benda-benda tersebut merupakan benda purbakala, dan akan diinventarisir ke dalam Museum Anjuk Ladang Nganjuk.

Ditemani Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nganjuk, sejumlah arkeolog dari Badan Pelestarian dan Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur, mendatangi sepuluh rumah warga yang berada di Kecamatan Berbek.

Salah satunya di rumah Umi Nurul di Desa Sengkut Kecamatan Brebek, petugas menemukan benda yang disebut Tempayang. Itu adalah tempat bersembahyang yang dijadikan sebagai tempat pemujaan pada zaman purbakala. 

Batu besar dengan lebar sekitar 70 cm dan panjang mencapai satu meter lebih ini tertulis jelas angka tahun, yaitu 1429. Diperkirakan sudah berumur 700 tahun. Selain itu, di halaman rumah warga, juga ditemukan sebuah batu yang zaman dulu dianggap sebagai penentu primbon.  

Batu tersebut secara fisik pada bagian atas terdapat lubang-lubang kecil. Masih di lokasi Kecamatan Berbek, petugas juga menemukan sebuah makam kuno. 

 “Sejumlah benda itu adalah benda purbakala yang diperkirakan peninggalan zaman Majapahit masa Jayanegara,” ujar  Nugroho, arkeolog BPCB Provinsi Jawa Timur

Banyaknya benda purbakala yang ditemukan di wilayah Kecamatan Berbek, arkeolog menduga, di lokasi itu pada zaman dahulu merupakan salah satu pusat kota penting.(end/flo/jpnn)

 

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close