Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kimilsungia, Tanda Keakraban Bung Karno - Kim Il sung

Kamis, 28 April 2016 – 11:52 WIB
Kimilsungia, Tanda Keakraban Bung Karno - Kim Il sung - JPNN.COM
Bunga Kimilsungia. Foto : twitter

Siapa sangka bunga dari Bogor, Jawa Barat yakni Kimilsungia begitu dicintai masyarakat Korea Utara. Bunga berwarna ungu itu menjadi simbol peringatan ulang tahun mantan Presiden Kim Il-sung. Berikut catatan wartawan Jawa Pos Tomy C. Gutomo yang baru saja pulang dari Pyongyang, ibu kota Korea Utara. 

---

''Wow, Indonesia. Kimilsungia.'' Ungkapan itu sering saya dengar setiap kali berkenalan dengan warga Korea Utara dan mengatakan bahwa saya berasal dari Indonesia. Bagi warga Korut, bunga Kimilsungia merupakan hadiah terindah dari bangsa Indonesia.

Bukan hanya di Pyongyang. Bahkan, saat saya berada di Sinuju, kota yang berbatasan dengan Dandong, Tiongkok, respons masyarakatnya pun sama. ''Cerita tentang bunga itu diajarkan kepada anak-anak di sekolah. Kami semua mengenal Soekarno,'' kata Choe-un, salah seorang warga yang saya temui di sebuah rumah makan khas Tiongkok di Sinuju, 12 April lalu.

Siapa sangka bunga dari Bogor, Jawa Barat yakni Kimilsungia begitu dicintai masyarakat Korea Utara. Bunga berwarna ungu itu menjadi simbol peringatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close