Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Rela Mengalah Agar Investasi Lebih Ekonomis

Minggu, 29 Mei 2016 – 11:42 WIB
Pemerintah Rela Mengalah Agar Investasi Lebih Ekonomis - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto; AFP

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian ESDM akan memberikan insentif untuk kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) minyak dan gas. Namun, KKKS ialah yang menggarap blok-blok yang sebagian gagal dilelang pada tahun lalu.

Kementerian ESDM tentu tak mau gigit jari saat melelang 15 wilayah kerja (WK) migas tahun ini. Pemerintah hanya meminta 50 persen porsi bagi hasil. Pemerintah akan melihat kondisi ladang migas dan membandingkan tawaran dari bidder sebelum memutuskan pemenang.

’’Semakin sulit bloknya, sharing split untuk government semakin rendah,’’ kata Direktur Pembinaan Hulu Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, Jumat (27/5) kemarin.  

Pemerintah, kata Djoko, menyadari dunia perminyakan di Indonesia sudah berubah. Harga minyak dunia sulit membubung seperti dua tahun lalu karena ongkos produksi minyak serpih (shale oil) dan gas serpih sangat murah.

Selain itu, mayoritas blok migas yang ditawarkan berada di kawasan timur Indonesia yang kondisi dan infrastrukturnya lebih sulit dieksplorasi. Agar investasi lebih ekonomis, pemerintah bersedia mengalah.

Masukan dari investor juga dipertimbangkan. Misalnya, saat KKKS dibandingkan dengan Vietnam yang hanya meminta signature bonus USD 58 ribu, pemerintah meminta USD 40 juta.

Djoko lantas mencontohkan Pertamina yang hanya diminta membayar signature bonus USD 100 ribu ketika menggarap Blok East Ambalat. ’’Bidder bebas menawar sharing split dan signature bonus. Pemerintah akan memilih pemenang berdasar penawaran terbaik,’’ katanya. (dim/jos/jpnn)

JAKARTA – Kementerian ESDM akan memberikan insentif untuk kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) minyak dan gas. Namun, KKKS ialah yang menggarap

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close