Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ladies, Cara Ini Bisa Membantu Turunkan Resiko Kanker Payudara

Sabtu, 25 Juni 2016 – 04:54 WIB
Ladies, Cara Ini Bisa Membantu Turunkan Resiko Kanker Payudara - JPNN.COM
Ilustrasi. Gaya hidup sehat bisa menurunkan resiko kanker payudara

jpnn.com - PEREMPUAN, yang membawa varian gen umum dengan kanker payudara, masih bisa mengurangi risiko penyakit dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Sebuah studi menemukan empat faktor gaya hidup adalah kuncinya. Seperti menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok, membatasi alkohol dan tidak menggunakan terapi hormon setelah menopause.

Para peneliti memperkirakan bahwa jika semua wanita AS yang berkulit putih melakukan hal-hal itu, maka hampir 30 persen kasus kanker payudara bisa dihindari.

Dan mayoritas penyakit kanker bisa dihindari di kalangan perempuan, yang berada pada peningkatan risiko karena sejarah keluarga dan varian gen yang mereka bawa.

Studi ini tidak termasuk wanita dengan mutasi gen BRCA, yang secara substansial meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium.

Lalu, berapa besar resiko kanker payudara pada wanita?

"Jawabannya adalah faktor gaya hidup bahkan lebih penting bagi wanita yang berisiko genetik yang lebih tinggi, daripada mereka yang berisiko genetik rendah," ujar peneliti senior, Nilanjan Chatterjee, seperti dilansir laman Health, Kamis (23/6).

Penemuan ini dipublikasikan secara online di JAMA Oncology. Hasilnya, lebih dari 40 ribu wanita yang diuji, berdasarkan 24 varian gen, yang sebelumnya dikaitkan dengan risiko kanker payudara. (fny/chi/jpnn)

PEREMPUAN, yang membawa varian gen umum dengan kanker payudara, masih bisa mengurangi risiko penyakit dengan menjalankan gaya hidup sehat. Sebuah

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close