Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bisnis Batu Bara Lesu, Jumlah Janda Melonjak

Senin, 03 Oktober 2016 – 12:03 WIB
Bisnis Batu Bara Lesu, Jumlah Janda Melonjak - JPNN.COM
Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - SAMARINDA – Bisnis batu bara sedang lesu. Dampaknya bukan hanya melonjaknya angka pemutusan hubungan kerja (PHK), tapi juga memicu angka perceraian. 

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim Hj Hardiana Muryani,  menyampaikan, angka PHK di Kaltim kedua tertinggi di Indonesia. 

Hingga pertengahan 2016 tercatat jumlah karyawan yang kena PHK sebanyak 11 ribu orang lebih.

“PHK ini kemudian diikuti dengan banyaknya wanita yang menggugat cerai suaminya,” katanya, seperti diberitakan Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group).

Sepanjang 2016 ini, angka perceraian di Kaltim tercatat sebanyak 8 ribu pasangan.

Dampak terbesar dari PHK dan perceraian itu adalah pada anak. Karena itu, menurut Hardiana, para orang tua harus berpikir lebih matang sebelum memutuskan berpisah, demi masa depan buah hatinya.

Tak sedikit, anak-anak yang kemudian ditemukan bermasalah. Penyebab awalnya adalah ketahanan keluarga yang rapuh karena orang tua bercerai,. Akibatnya, anak kekurangan kasih sayang.

“Narkoba, seks bebas, tawuran, mencuri, balapan liar dan semua perilaku negatif itu, di antaranya bisa dihindari dengan kasih sayang yang utuh dari orang tuanya,” ujarnya. 

SAMARINDA – Bisnis batu bara sedang lesu. Dampaknya bukan hanya melonjaknya angka pemutusan hubungan kerja (PHK), tapi juga memicu angka perceraian. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close