10 Makanan Berkhasiat yang Bisa Mencegah Peradangan

Minggu, 03 Mei 2015 – 03:50 WIB
10 Makanan Berkhasiat yang Bisa Mencegah Peradangan

jpnn.com - JANGAN pernah menganggap remeh masalah peradangan atau inflamasi. Inflamasi bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, demensia, stroke hingga kanker. Lebih parahnya lagi kebanyakan orang seringkali tidak mampu mendeteksi masalah peradangan sehingga bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Mencegah penyakit sejak dini merupakan awal yang baik dan sangat penting. Telebih mencegah peradangan dengan cara yang sehat dan alami. Seperti dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan yang didalamnya terdapat khasiat mencegah peradangan. 

BACA JUGA: Inilah Tarian yang Sedang Digandrungi Ibu-Ibu karena Bisa Bakar Lemak 450 Kalori

Berikut adalah beberapa jenis makanan anti inflamasi yang baik dikonsumsi untuk mencegah peradangan, seperti dilansir laman Yahoo Health, Jumat (1/5).

1. Zaitun / Olive Oil

BACA JUGA: Awas... Kanker Serviks Masih Pembunuh Utama Kaum Hawa

Polifenol zaitun telah terbukti menurunkan kadar C-reactive protein, yang merupakan penanda untuk menentukan kemungkinan peradangan dalam tubuh.

2. Cherries

BACA JUGA: Antara Batu Permata, Khasiat dan Zodiak Anda

Studi menunjukkan bahwa ceri bisa mengurangi rasa sakit dari arthritis. Satu studi menunjukkan cherries memiliki kandungan anti-inflamasi tertinggi dari seluruh makanan.

3. Kunyit

Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit telah terbukti bermanfaat dalam mengobati gejala-gejala penyakit Crohn, Irritable Bowel Syndrome dan tukak lambung.

4. Bawang merah

Bawang merah mengandung quercetin flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

5. Anggur

Anggur mengandung campuran antioksidan, termasuk flavonoid dan resveratrol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat. Resveratrol membantu mengatasi berbagai penyakit, seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson.

6. Benih Chia

Chia mengandung alpha-linolenic acid, sejenis asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan nabati. ALA memiliki manfaat anti-inflamasi.

7. Brokoli

Senyawa sulforaphane dalam brokoli bisa membantu mencegah pembentukan sel kanker dengan membunuh karsinogen potensial. Sulforaphane juga bisa memblokir enzim terkait dengan kerusakan sendi dan peradangan.

8. Ikan salmon

Omega-3 asam lemak dalam ikan salmon dan ikan berlemak lainnya seperti tuna dan sarden membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

9. Jahe 

Jahe juga menawarkan aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan.

10. Bluberi

Bluberi mengandung anthocyanin sejenis antioksidan yang melawan peradangan dan bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Philips AVENT Komit Dukung ASI Eksklusif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler