10 Mei Resmi Tutup Gerai, Ini 6 Fakta tentang McD Sarinah, dari Kisah Cinta sampai Bom Bunuh Diri

Minggu, 10 Mei 2020 – 02:51 WIB
Poster perpisahan McD Sarinah. Foto: Instagram/McD Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Restoran cepat saji asal Amerika, McDonald's (McD) Sarinah di Jakarta Pusat akan tutup dan sudah mengucapkan salam perpisahan.

McD pertama kali di Indonesia itu resmi akan menutup gerainya secara permanen pada hari ini Minggu, 10 Mei 2020.

BACA JUGA: McDonalds di Sarinah Tutup Permanen, Manajemen Ungkap Alasannya

McD Sarinah di Jalan Thamrin merupakan restoran cepat saji McDonald's pertama di Indonesia. McD ini hadir di pusat perbelanjaan Sarinah sejak 14 Februari 1991 atau sudah hampir 30 tahun.

Melalui akun di Instagram, McDonald's Indonesia mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: PNS Pensiun jadi Ancaman, MUI Desak Jokowi

"Untuk cerita yang pernah ada di sini, untuk kenangan yang terukir di sini. Terima kasih untuk momen kebersamaan yang tak akan terlupakan," tulis admin McD Indonesia.

"Selama 30 tahun hadir di Sarinah, atas permintaan manajemen Sarinah, dengan berat hati kami akan menutup pintu kami mulai Minggu, 10 Mei 2020 jam 10:05 malam," tulis akun McD Indonesia ini.

BACA JUGA: Puluhan Pengunjukrasa Terpaksa Dibopong ke Belakang Gedung Sarinah

Menurut McDonald's Indonesia, McD Sarinah tutup karena manajemen Sarinah akan melakukan renovasi gedung serta melakukan perubahan strategi bisnis. (ngopibareng/jpnn)

Berikut beberapa tentang Fakta McD Sarinah:

1. Gerai McD Pertama di Indonesia

McD Sarinah resmi buka pada 14 Februari 1991. "Bagi kami McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia," ujar Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia.

2. Menjadi Saksi Bisu Teror Bom Thamrin

Dengan letaknya di salah satu perempatan jalan terbesar kawasan Thamrin, Jakarta, Mcdonald' Sarinah pun tak elak menjadi saksi bisu berbagai peristiwa di ibu kota salah satunya Bom Thamrin pada 14 Januari 2016.

Saat itu pukul 10.30 WIB, bom pertama meledak di gerai Starbucks Gedung Cakrawala yang letaknya berseberangan dengan gerai McDonald's Sarinah.

Tak hanya sekali, selang 20 menit, bom kedua meledak di pos polisi Sarinah. Ledakan itu menewaskan tiga teroris serta melukai satu polisi.

Baku tembak antara polisi dan teroris sempat terjadi hingga membbuat pegawai dan pengunjung McD Sarinah sempat trauma.

3. Saksi Banjir Ibukota

McD Sarinah juga kerap menjadi saksi bisu banjir Jakarta. Pada 2013 lalu misalnya, kawasan perbelanjaan Sarinah diterjang banjir hingga selutut orang dewasa.

Banjir kala itu merupakan kali pertama setelah kawasan ring satu Jakarta tersebut tidak pernah dilanda genangan air.

Hujan deras yang melanda Jakarta pada awal tahun 2020 juga tidak luput menjadikan halaman Mcd Sarinah salah satu kawasan yang terendam sehingga membuat aktivitas perbelanjaan hampir lumpuh.

4. Saksi Kerusuhan Bawaslu

Pada 22 Mei 2019 aksi unjuk rasa di Bawaslu RI yang berada di seberang McDonald's Sarinah juga membuat pengunjung Sarinah ketakutan.

Apalagi unjuk rasa saat itu berujung kerusuhan. Pasukan anti huru-hara merangsek dan terus diserang dengan batu dan petasan hingga ke pelataran Sarinah.

5. Saksi Romantisme Warga Ibu Kota

McDonald's Sarinah juga menjadi saksi atas banyak kisah cinta warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Jangan lupa restoran siap saji ini bahkan resmi berdiri bertepatan dengan hari kasih sayang alias Valentine Day.

Banyak kisah yang sudah terukir di resto ini. Siapa yang pernah janjian dengan kekasih hatinya di sini?

Siapa yang pernah menghabiskan waktu berjam-jam menunggu pujaan hati pulang kerja di sekitar Jalan Thamrin? 

"Bagi jutaan konsumen McDonald’s yang pernah singgah di restoran kami tersebut, McDonald’s Sarinah Thamrin adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan," ujar Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia.

Menurut Michael Hartono, banyak konsumen yang memiliki pengalaman pertama bersama McDonald’s di Sarinah Thamrin dan sekarang mewariskan pengalaman itu kepada anak-anak mereka dengan tetap menjadi pelanggan setia McDonald’s Sarinah Thamrin.

6. Jadi Trending di Twitter

McD Sarinah tutup menjadi trending di akun twitter dengan lebih dari 30 ribu cuitan yang dibagikan warganet.

Mereka rata-rata mencuitkan kenangan indah di McD tertua di Indonesia itu.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler