10 Warga Tewas saat Kerusuhan Wamena, Irjen Fakhiri Keluarkan Instruksi Tegas

Jumat, 24 Februari 2023 – 21:12 WIB
Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius Fakhiri. (ANTARA/Evarukdijati)

jpnn.com, TIMIKA - Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri menginstruksikan dilakukan evaluasi terkait standar operasional prosedur (SOP) dalam penanganan kerusuhan di Sinakma, Wamena, Papua Pegunungan.

Kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan pada Kamis (23/2) menyebabkan 10 warga tewas.

BACA JUGA: 9 Warga Tewas Setelah Isu Penculikan Anak Berujung Kerusuhan, Wamena Mencekam

Massa melakukan pembakaran kios dan rumah warga di Wamena, setelah heboh isu penculikan anak, kKamis (23/2) (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

Untuk mengevaluasi SOP penanganan kerusuhan tersebut, Irjen Fakhiri memerintahkan kabid Propam Polda Papua berangkat ke Wamena.

BACA JUGA: Polda Papua Kirim 1 Kompi Brimob ke Wamena

Jenderal bintang dua itu menilai penyelidikan itu perlu untuk mengevaluasi apakah penanganan kerusuhan itu sudah sesuai SOP atau tidak.

"Saya sampaikan permohonan maaf dan turut berduka cita atas insiden yang terjadi dan akan segera ke Wamena," kata Irjen Fakhiri di Timika, Jumat (24/2).

BACA JUGA: Rafael Alun Trisambodo Ayah Dandy Mengundurkan Diri sebagai ASN Ditjen Pajak

Dia menyebut saat itu situasi Wamena berangsur-angsur kondusif dan aktivitas masyarakat kembali normal.

Forkopimda setempat juga sudah mengambil langkah bersama dan berkomunikasi dengan tokoh masyarakat agar terciptanya situasi yang kondusif di Wamena.

Kerusuhan di Wamena dipicu isu penculikan anak di bawah umur dan telah direspons Polres Jayawijaya dengan berupaya mencegah warga main hakim sendiri.

Walakin, situasi yang terjadi malah berbalik sehingga menimbulkan kerusuhan yang menyebabkan 10 orang meninggal, 41 orang luka-luka, termasuk 18 aparat keamanan.

"Kami sudah mengirim satu kompi Brimob untuk membantu Polres Jayawijaya mengamankan wilayahnya," kata Irjen Fakhiri.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler