11 Calon TKW Asal Sigi Siap ke Arab Saudi

Kamis, 03 Januari 2013 – 00:28 WIB
SIGI – Meskipun berbagai peristiwa mengerikan, mulai dari pemerkosaan hingga hukuman mati kerap kali dialamatkan kepada tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia di luar negeri, akan tetapi tidak menyurutkan semangat wanita Indonesia menjadi TKW di luar negeri.

Salah satu kabupaten yang sering mengirimkan TKW ke luar negeri adalah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). Bahkan pada Januari 2013 ini, sedikitnya ada 11 TKW yang siap dikirimkan, satu diantaranya dari Kota Palu. Mereka adalah Nur Ifa, Rustin, dan Rosida asal Desa Bobo Kecamatan Palolo, Aslia asal Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan, Sukmawati dan Intan asal Desa Beka Kecamatan Marawola, Sumerlin asal Desa Mantikole Kecamatan Marawola, Nurmin asal Desa Langaleso Kecamatan Sigi Biromaru, Sudarmin asal Desa Lolu Kecamatan Biromaru, Firdawati asal Desa Pewunu Kecamatan Dolo, dan Aulia Kelurahan Palupi Kota Palu.

Saat ini, para calon TKW itu sedang mengikuti test wawancara sebelum diberangkatkan. Proses wawancara yang difasilitasi oleh PT Safarindo Insan Corpora (SIC) dipusatkan di kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Sigi ramai di kunjungi, Rabu  (2/1).

Kepala Cabang PT SIC, Minarni Wono mengatakan, sejak berdiri 2009, perusahaan yang dipimpinnya sudah memberangkatkan sekitar 70 tenaga kerja ke luar negeri. “PT SIC sebagai perusahaan penyalur Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Sigi akan terus memberikan yang terbaik. Saat kami sedang mengusahakan agar 11 TKW yang ada ini bisa berangkat semua," jelasnya kepada Radar Sulteng (JPNN Group).

Kata dia, pihaknya jauh hari sebelumnya sudah mengurusi semua persyaratan yang diminta oleh Dinsosnakertrans Sigi, sehingga memudahkan pengurusan berkas para TKW ini. “Dari 11 orang yang akan kami berangkatkan semuanya akan ditempatkan di Negara Arab Saudi, tepatnya di Abu Dhabi dan mereka akan dipekerjakan sebagai “House Maid” atau Pembantu Rumah Tangga,” jelasnya.

Salah seorang calon TKW Nurmin (45), mengaku sudah tiga kali ke Arab Saudi. Saat ini, ingin berangkat kali dan sedang dalam proses wawancara. Dia berharap agar bisa kembali menginjakkan kaki di negeri yang menjadi kiblatnya umat Islam itu. “Kami akan diberangkatkan di Januari ini. Cuma kami belum tahu kapan tanggal pastinya,” jelasnya.

Sementara Kepala Seksi Informasi Pelatihan Produktifitas dan Pemagangan Dinsosnakertrans Kabupaten Sigi Haris Sriyono, menambahkan sampai saat ini pihaknya masih melakukan proses pemeriksaan data-data TKW yang akan diberangkatkan yakni sebanyak 11 orang. “Sebelumnya pihak perusahaan penyalur TKW dibawah PT SIC sudah memasukan persyaratan lainnya dan hari ini (kemarin, red) rencananya kami akan proses semua,” tandasnya. (cr1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Peleton Oknum Polisi Positif Narkoba

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler