11 Manfaat Teh Serai, Bikin Penyakit Ini Ambyar

Rabu, 08 Februari 2023 – 02:08 WIB
Ilustrasi teh serai. Foto: hem46

jpnn.com, JAKARTA - SERAI merupakan salah satu rempah yang sering digunakan sebagai salah satu bahan masakan.

Rempah yang satu ini sering diolah dalam bentuk teh serai untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

BACA JUGA: 7 Manfaat Serai yang Tidak Terduga, Penyakit Kronis Ini Ambrol

Tanaman serai mendapatkan namanya dari aroma dan rasanya yang khas.

Nama ilmiah yang lebih umum digunakan untuk memasak dan penyembuhan adalah cymbopogon citratrus dan cymbopagon flexuosus.

BACA JUGA: 5 Manfaat Teh Serai, Deretan Penyakit Kronis Ini Langsung Ambrol

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Balsem Pernapasan

Serai kaya akan minyak atsiri, yang bermanfaat, efek balsamic pada saluran pernapasan, meringankan kondisi tertentu termasuk radang tenggorokan dan sakit tenggorokan.

BACA JUGA: 7 Manfaat Teh Serai Campur Madu, Bikin Flu Ambrol

2. Antipiretika

Menghirup uap serai meningkatkan keringat dan menurunkan panas, meredakan gejala yang berhubungan dengan penyakit flu, pilek, dan demam.

3. Meredakan Nyeri

Senyawa analgesik dalam minyak atsiri sereh membantu meredakan kejang otot, dengan merelaksasikan otot, memberikan bantuan instan dalam kasus sakit perut, sakit kepala, nyeri sendi, kejang saluran pencernaan, dan kram otot.

4. Mengatur Tekanan Darah

Kandungan potasium serai yang tinggi mendorong diuresis, yang menurunkan dan mengatur tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan mengurangi hipertensi.

5. Memperbaiki Jaringan

Minyak sereh meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki jaringan ikat yang rusak, dengan meningkatkan sirkulasi darah, dalam kasus trauma pada tulang rawan, ligamen, dan tendon.

6. Antiseptik

Serai menghambat pertumbuhan mikro-organisme berbahaya (bakteri, ragi, jamur, parasit), dengan cepat menyembuhkan infeksi saluran cerna, infeksi saluran kemih dan luka, sambil mempertahankan bakteri menguntungkan.

7. Diuretik

Serai bersifat diuretik yang efektif (meningkatkan frekuensi pembuangan limbah melalui urin), efektif menghilangkan racun dan asam urat, membersihkan dan meringankan fungsi pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih.

8. Mengatasi Sembelit atau Gangguan Pencernaan

Serai mengatur fungsi dan motilitas usus, dengan menghancurkan bakteri dan parasit jahat, mengisi kembali bakteri baik di usus besar, efektif menyembuhkan gangguan pencernaan, sembelit, diare, usus kembung, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram.

9. Antidepresan

Teh serai telah lama diresepkan untuk mengurangi kecemasan dan gejala depresi karena mengandung nutrisi yang diperlukan untuk fungsi sistem saraf yang efektif, dan menenangkan saraf yang stres.

10. Antikanker

Citral, senyawa yang ditemukan dalam serai, telah terbukti berkontribusi dalam kematian sel kanker tanpa efek negatif pada sel normal.

11. Detoksifikasi

Efek antioksidan, antiseptik, dan diuretik dari serai menjadikannya bahan penting dari diet detoks apa pun, karena membantu membersihkan dan memurnikan hati, ginjal, kandung kemih, pankreas, dan meningkatkan sirkulasi darah.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler