12 Pelaut Mandar Wakili Asia di Brest Festival Prancis

Senin, 09 Juli 2012 – 22:51 WIB
Perahu Sandeq. Foto: Radar Sulbar/JPNN

JAKARTA - Budaya maritim dunia kembali mengakui ketangguhan pelaut Indonesia. Sebanyak 12 pelaut Mandar Sulawesi Barat akan mewakili Asia di Brest Festival yang akan berlangsung di Kota Brest Prancis, 13-19 Juli 2012.

Ke-12 orang Passandeq (pelaut Mandar) tersebut menjadi satu-satunya wakil Asia dalam festival maritim dunia itu empat tahun sekali itu. Delegasi Indonesia akan menjadi tamu kehormatan dalam festival tersebut.

Tahun ini, Brest Festival 2012 hanya menghadirkan lima tamu kehormatan. Yakni, Norwegia, Meksiko, Maroko, Swedia, Rusia dan Indonesia.

Selain 12 nelayan Mandar, Brest Festival juga mendatangkan tiga perahu Sandeq. Sandeq merupakan perahu tradisional bercadik khas Mandar. Satu perahu berasal dari Kabupaten Polewali Mandar dan dua perahu lainnya dari Kabupaten Majene. Kedua kabupaten ada di Provinsi Sulawesi Barat yang merupakan provinsi termuda di Indonesia.

Sebelum berangkat, nelayan Mandar tersebut diterima diterima bendahara Fraksi PAN DPR RI, Hendra Singkarru. Kepada dan Pengurus BPP KKMSB. Hendra mengaku salut perahu tradisional dapat membawakan budaya Sulbar Indonesia ke mancanegara.

"Luar biasa, Sandeq sudah go internasional. Patut kita berbangga," ucap Hendra saat menerima rombongan Nelayan Mandar di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (9/7).

Tradisi Sandeq, kata dia, harus terus dilestarikan. "Momen membanggakan bagi kita semua. Sandeq sudah menarik perhatian dunia. Budaya kita ini harus terus dikembangkan," ucap politisi PAN itu.

Sementara itu, Koordinator rombongan, M Ridwan Alimuddin menerangkan bahwa pelaksanaan Brest Festival 2012, bakal bergulir dari tanggal 13 hingga 19 Juli.

Tanggal 18 Juli, Sandeq bersama ratusan perahu layar dari berbagai negara akan melakukan parade. Tak hanya itu, perahu bercadik ini juga dijadwalkan ikut kontes lomba melawan perahu tercepat dunia. "Sandeq akan mengarungi Samudra Atlantik," ungkap Ridwan yang juga peneliti maritim asal Sulbar.

Brest Festival, bakal dihadiri oleh ribuan penonton dan wartawan dari berbagai negara yang memang telah terdaftar. Tahun lalu tercatat 16 ribu penonton menyaksikan Brest Festival. (abu/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Perairan Tercemar Limbah, Nelayan Tambah Susah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler