13 Momen Terbaik Messi

Selasa, 12 Maret 2013 – 12:13 WIB
Lionel Messi. Foto: Getty Images
MANUSIA dari planet lain. Itulah julukan bagi pemain terbaik dunia empat kali berturut-turut, Lionel Messi. Penyerang brilian milik Barcelona ini, sudah 13 tahun memulai debutnya sebagai pemain internasional. Pemain berusia 25 tahun itu, baru saja menandatangani perpanjangan kontrak di Blaugrana hingga 2018 mendatang.

Berikut adalah 13 momen terbaik Messi dalam 13 tahun karirnya, dilansir dari laman milik klub, Senin (11/3).

- Debut resminya pertama kali, 16 Oktober 2004. Pertandingan pertama Messi untuk tim senior, di La Liga. Ia masuk menggantikan Deco.

- Gol pertamanya di La Liga, 1 Mei 2005. Gol itu tercipta Camp Nou. Messi menerima assist dari Ronaldinho, untuk kemudian mencetak gol. Barca menang 2-0. Skuad Barca berhasil meraih gelar La Liga saat itu di era pelatih Rijkaard.

- The Joan Gamper Trophy melawan Juventus, 24 Agustus 2005. Messi menunjukan dirinya sebagai pemain yang tak terbendung. Kecepatan larinya, dikombinasikan dengan kemampuan menggiring bola, berhasil melumpuhkan Juventus di Joan Gamper Trophy.

- Di usia 19 tahun, Messi berhasil menjaring hattrick saat Barca melawan Real Madrid, 10 Maret 2007. Ini merupakan hat trick pertamanya dalam laga El Clasico di Camp Nou. Gol ketiganya tercipta di menit terakhir pertandingan. Dengan tiga gol, Barca berhasil mengamankan tiga poin.

- Messi mencetak gol saat melawan Getafe, 18 April 2007. Gol ini disebut sangat mirip dengan gol milik legenda sepakbola, Maradona. Ia menerima bola dari tengah lapangan, melewati beberapa bek, berhadapan dengan kiper, dan berhasil mencetak gol dari sisi samping gawang. Gol ini sangat identik dengan gol milik Maradona saat melawan Inggris di Piala Dunia 1986.

- Berhasil mengangkat tiga trophy sekaligus, 27 Mei 2009. Setelah berhasil mencetak gol saat Barca melawan Manchester United di Roma, Messi ikut mengantarkan gelar juara Liga Champions untuk FC Barcelona. Saat yang sama, Barca mengamankan gelar La Liga.

- Messi berhasil meraih Ballon d"Or, 1 Desember 2009. Setelah hanya masuk nominasi ketiga pada tahun 2007 dan nominasi kedua tahun 2008, pada tahun 2009 Messi terpilih menjadi pemain terbaik dunia.

- Berhasil meraih Piala dunia antar klub, 1 Desember 2009. Saat itu hanya piala ini saja yang belum ada di lemari trophy Barcelona. Klub asal Catalan itu berhasil memenangkan pertandingan dan mengangkat enam trophy bergengsi sekaligus. Lagi-lagi dalam laga final, Messi mencetakan gol indahnya.

- Final Liga Champions melawan Manchester United, 28 Mei 2011. Messi mencetak dua gol dan Barca unggul agreget 3-1. Inilah era cemerlang Barca di bawah kepelatihan Pep Guardiola.

- Pencetak gol tertinggi dalam sejarah klub, 20 Maret 2012. Saat melawan Granada, di Nou Camp, Leo Messi berhasil memecahkan rekor pencetak gol tertinggi dalam sejarah klub di pertandingan resmi. Ia memecahkan rekor sebelumnya, 232 gol ditorehkan César Rodríguez.

- 50 gol di La Liga dalam satu musim dan Penghargaan sepatu Emas kedua, 12 Mei 2012. Messi benar-benar tidak terkejar dalam torehan gol di La Liga. Ia berhasil mencetak 50 gol selama satu musim. Berkat prestasinya tersebut, ia pun terpilih menjadi atlet terbaik dunia.

- Messi memecahkan rekor Müller, 22 Desember 2012. Pemain asal Argentina ini berhasil mencetak 91 gol selama tahun 2012. Mengalahkan rekor Gerd Müller, 85 gol di tahun 1972.

- Untuk keempat kalinya menjadi pemain terbaik dunia, 7 Januari 2013. Messi menjadi pesepakbola pertama yang pernah memenangkan Ballon d"Or empat kali. Hebatnya, empat penghargaan itu dimenangkan secara berurutan.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aspac Semakin Dekat ke Puncak

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler