140 BUMN Tandatangani Komitmen BPJS Kesehatan

Senin, 21 Oktober 2013 – 10:03 WIB

jpnn.com - SUKABUMI- Pada 1 Januari 2014, PT Askes (Persero) akan menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang mengelola program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia. Untuk mendukung implementasi JKN itu, PT Askes bersama 140 pimpinan BUMN akan menandatangani komitmen bersama dengan tema "BUMN Sebagai Motor Penggerak Sektor Industri dalam Perluasan Pesertaa Jaminan Kesehatan".

Penandatanganan ini dilaksanakan di  Sekolah Pembentukan Perwira (SETUKPA) Jalan Bhayangkara Kecamatan Gunung Puyuh, Sukabumi, Jawa Barat dan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Senin, (21/10).

BACA JUGA: Pemerintah Tindak Tegas Alat Penguat Sinyal Ilegal

"Diharapkan melalui penandatanganan ini dapat diperoleh komitmen seluruh pimpinan BUMN untuk menjadi pelopor dan motor penggerak dalam mengikutsertakan karyawan dan anggota keluarganya ke program Jaminan Kesehatan yang dikelola BPJS Kesehatan," tutur Direktur Utama PT Askes (Persero) Fachmi Idris dalam keterangan persnya, Senin.

Menurut Fachmi, pihaknya sedang mempersiapkan internal perusaahaan menjadi badan hukum publik dan diharapkan segera selesai sebelum pergantian tahun. Termasuk di dalamnya penyelesaian aspek regulasi yang akan digunakan sebagai payung hukum beroperasinya BPJS Kesehatan. Menurut Fachmi, Indonesia akan menjadi negara terbesar yang memiliki jaminan kesehatan di bawah satu badan negara yaitu BPJS Kesehatan. Di akhir tahun 2014 minimal, kata dia, akan ada. 121,6 juta penduduk yang dinaungi oleh sistem jaminan sosial.

BACA JUGA: Singkong Sepi, Bisnis Hilir Medco Terhenti

Selain penandatanganan komitmen oleh Direksi BUMN, dalam acara ini Direktur Utama PT Askes akan memimpin apel siaga dalam rangka kesiapan perwakilan Duta Askes/calon BPJS Kesehatan dari seluruh Indonesia di lokasi acara yang juga melibatkan para duta kesehatan daerah melalui video conference.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai jaminan kesehatan serta memberitahukan pada masyarakat terkait transformasi PT Askes menjadi BPJS Kesehatan," kata Fachmi.

BACA JUGA: Kunjungan Wisatawan Via Pelabuhan Meningkat

Selain dihadiri oleh Presiden dan para direktur utama perusahaan plat merah, acara ini juga dihadiri para menteri.  Di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, Menteri Keuangan, M Chatib Basri dan otoritas terkait lainnya. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dukung JFW 2014, Tigerair Mandala Bagi-Bagi Tiket Gratis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler