1.400 Investor Jepang Serbu Indonesia

Selasa, 12 Februari 2013 – 06:55 WIB
JAKARTA--Tahun ini investasi Jepang menduduki peringkat kedua investasi asing di Indonesia setelah Singapura. Nilai investasi negara matahari terbit itu kian menanjak. Ke depan investastor Jepang nampaknya bakal semakin gencar masuk ke Indonesia. Itu terlihat dari rencana relokasi besar-besaran yang dilakukan Jepang ke Indonesia.

Menteri Perindustrian MS Hidayat  menjelaskan, pihaknya baru saja bertemu dengan asosiasi industri asal Jepang, Kansai Economic Federation (Kankeiren). Asosiasi tersebut membawahi 1400 industri di Jepang. "Mereka dapat mandat dari pemerintah Jepang. Ada rencanakan relokasi industri besar-besaran ke Indonesia," terangnya saat ditemui di kantornya, Senin (11/2).

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya telah menyiapkan 3 ribu hektar lahan industri. Realisasi pembangunannya tinggal menunggu kepastian dari pihak Jepang. Namun ia sendiri berharap tahun ini sudah bisa direalisasikan.

Selain membicarakan relokasi besar-besaran tersebut, ia mengungkapkan ada satu poin yang dibicarakan yaitu mengenai pembangunan program Matropolitan Priority Area (MPA).  Ia berkata Jepang sudah sepakat untuk membantu pembangunan itu. Mungkin, lanjut Hidayat, Jepang bisa membangun jalur kereta api, otomotif, dan pelabuhan Cilamaya. "Untuk MPA ini sudah disepakati sebagai blue print dari kerjasama Indonesia  dan Jepang," ungkapnya.

Mengenai pembangunan pelabuhan Cilamaya sendiri, Hidayat berharap pelabuhan itu bisa menjado pelabuhan internasional baru. Ia ingin pelabuhan itu menggunakan sistem Build Operated Transfer (BOT). Dalam sistem itu, investor Jepang tak hanya membangun tapi mengoperasikan pelabuhan dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, lanjut Hidayat, sekitar 25-30 tahun akan ditransfer ke Indonesia sebagai asset negara.

"Kami juga berharap Jepang bisa menggarap proyek-proyel lainnya di Indonesia. Kami akan berikan insebtif pada mereka, seperti tax holiday. Semakin ke luar Jawa maka insentifnya akan makin besar," katanya.

Sementara itu, Ketua Kankeiren Shosuke Mori mengungkapkan hubungan kerjasama Indonesia-Jepang sudah terjalin kuat. Kami sangat tertarik dengan potensi-potensi yang ada di Indonesia. Ia berharap dengan intensitas pertemuan yang ditingkatkan dapat membuka peluang investasi. "Saya harap  ikatan ekonomi ini, bisa lebih dalam dan lebih kuat lagi ke depannya," ucapnya. (uma)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Setujui IPO Semen Baturaja

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler