150 Ton Bawang Putih Ditimbun di Karawang, Pelakunya PT Padang Sejahtera

Jumat, 14 Februari 2020 – 00:10 WIB
Bawang Putih. ILUSTRASI. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANDUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat bersama Satgas Pangan Polda Jabar mengungkap penimbunan bawang putih sebanyak 150 ton di salah satu importir PT Padang Sejahtera di Karawang Timur.

“Setelah sidak di salah satu importir di Kota Karawang ditemukan ada 150 ton bawang putih, ini termasuk importir 90 persen dipasok ke Jawa Barat, 10 persen ke Lampung, termasuk juga ke Kota Bandung,” kata Kepala Disperindag Jabar Elly Wasliah di Balaikota Bandung, Kamis (13/02).

BACA JUGA: Pemkot Solo: Harga Bawang Putih Naik Karena Isu Virus Corona

Elly menganggap, kenaikan harga bawang beberapa pekan disebabkan karena stok bawang putih yang ada di salah satu importir seharusnya dikeluarkan pada bulan november 2019.

Akan tetapi, importir itu malah menimbunnya dengan memanfaatkan isu virus corona. Sehingga, spekulan berencana memainkan harga bawang putih.

BACA JUGA: Di Jabar Stok Bawang Putih Hanya Sampai Awal Maret

Harga bawang putih melonjak dalam kurun waktu satu minggu, pada Januari harga bawang putih masih berkisar Rp 32 ribu sampai Rp 35 ribu per kilogram.

"Awal 8 Januari 2020 harga bawang putih mengalami kenaikan 100 persen melonjak hingga Rp 60 ribu per kilogram," kata dia.

"Untuk importir yang melakukan perbuatan melawan hukum itu sudah ditangani oleh Polda Jabar untuk diproses hukum," kata Elly. (mg2/yan/jabarekspres)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler