153 Rumah Warga Diterjang Banjir di Kota Baturaja Saat Lebaran

Minggu, 23 April 2023 – 09:24 WIB
Rumah warga Kota Baturaja, Kabupaten OKU terendam banjir, Sabtu (22/4/2023) malam. Foto: ANTARA

jpnn.com, OGAN KOMERING ULU - Suasana Idulfitri yang menyenangkan berubah menjadi kesedihan saat ratusan rumah warga Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan dikepung banjir akibat curah hujan tinggi sejak Sabtu (22/4) malam.

"Hujan yang sangat deras tadi malam mulai pukul 21.00 WIB sampai 23.00 WIB menyebabkan banjir di beberapa kawasan permukiman penduduk di Kota Baturaja," kata Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Gunalfi di Baturaja, Minggu (23/4).

BACA JUGA: Banjir di Morowali Utara, Puluhan Keluarga Mengungsi

Dia mengatakan wilayah Kecamatan Baturaja Timur yang terdampak banjir yaitu Desa Air Paoh 13 rumah warga.

Banjir juga merendam 75 rumah warga Kelurahan Sekarjaya dan 65 rumah warga Kelurahan Baturaja Permai dengan ketinggian air rata-rata 30-50 centimeter. Totalnya 153 rumah terdampak banjir.

BACA JUGA: Banjir Bandang di Sumbawa, Rumah di 3 Kecamatan Hancur

Gunalfi mengatakan dalam musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materi yang besar mengingat banjir tidak terlalu parah.

Hanya saja, kata dia, warga dibuat repot mengingat musibah datang saat Lebaran.

BACA JUGA: Banjir di Kota Bima, 41 Hektare Sawah Terdampak

BPBD telah menerjunkan personel ke lokasi bencana untuk membantu warga menangani sampah dan sisa lumpur di dalam rumah yang terkena banjir.

"Meskipun banjir mulai surut masyarakat tetap kami imbau untuk meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi banjir susulan agar tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya.

BPBD OKU sudah mendirikan posko penanggulangan bencana di pos induk sebagai upaya menghadapi bencana susulan dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Posko ini dilengkapi personel yang siaga dengan peralatan memadai termasuk untuk mengevakuasi korban jika terjadi bencana," ujarnya. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler