2 BUMN Sinergi Bangun Hotel di Perbatasan

Selasa, 29 Agustus 2017 – 01:51 WIB
Ilustrasi tamu hotel. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan-perusahaan berstatus badan usaha milik negara (BUMN) terus bersinergi mengembangkan usaha.

Di antaranya, PT Hotel Indonesia Natour (HIN) dan PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI).

BACA JUGA: Dua Pasangan Sejoli Sewa Satu Kamar untuk Begituan, Gantian Gitu…

Dua perusahaan itu menandatangani nota kesepahaman tentang Rencana Kerja Sama Identifikasi Potensi Pengembangan Hotel di Perbatasan Indonesia, Jumat (25/8).

”Kesepakatan ini bermaksud untuk mengidentifikasi potensi pengembangan hotel di daerah perbatasan dengan melakukan studi awal dan persiapan rencana kerja sama,” ungkap Direktur Utama HIN Iswandi Said.

BACA JUGA: Investor Berlomba-lomba Bangun Hotel dan Vila di Mandalika

Dia mengatakan, kerja sama tersebut untuk membangun kemitraan dan sinergi yang saling menguntungkan antara kedua pihak.

Terutama,  dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki masing-masing berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

BACA JUGA: Jokowi Punya Permintaan Buat Hotel-Hotel BUMN

”Realisasi kerja sama harus sesuai dengan ketentuan hukum, peraturan dan prosedur yang berlaku,” ungkap Iswandi.

Iswandi menambahkan, kerja sama tersebut merupakan salah satu dari sembilan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) sinergi BUMN yang dilakukan oleh tujuh anak perusahaan IPC dengan tujuh BUMN, anak perusahaan BUMN, dan Pemerintah Daerah Belitung Timur.

Tujuh anak perusahaan IPC yang dimaksud adalah PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI), PT Multi Terminal Indonesia (MTI), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI), PT Electronic Data Interchange Indonesia (EDII), dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI). 

Sementara itu, tujuh BUMN dan Anak Perusahaan BUMN tersebut adalah PT Pertamina Patra Niaga, PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Perum Perikanan Indonesia, PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Berdikari Logistik Indonesia, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Timah Tbk (Persero).

Kerja sama dengan PPI juga sesuai dengan target yang ingin dicapai oleh Hotel Indonesia Group (HIG), jaringan hotel BUMN di mana HIN bertindak sebagai koordinator berdasarkan penugasan dari Kementerian BUMN.

”Hotel Indonesia Group menargetkan untuk mengoperasikan hotel di seluruh ibu kota provinsi di tanah air, bahkan hingga tingkat kabupaten,” ujarnya. (sol)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persaingan Hotel Makin Ketat, Begini Strategi Aryaduta


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler