2 Cara Ini Ditempuh Konsul Cantik Jepang Bertugas di Indonesia

Senin, 02 Februari 2015 – 22:43 WIB
2 Cara Ini Ditempuh Konsul Cantik Jepang Bertugas di Indonesia. Foto Guslan Gumilang/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Kaori Morohira, konsul muda dan cantik dari Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya mengatakan tak muda menjalankan tugasnya. Tanggung jawab yang dipikul besar. Dia diwajibkan mengenalkan Jepang. 

Menurut dia, ada dua cara mengenalkan Jepang di Indonesia. Yakni, melalui cara tradisional atau pop modern.

BACA JUGA: Diplomat Jepang yang Cantik Itu Sudah Lama Jatuh Cinta pada Indonesia

Untuk tradisional, dia sering berkeliling ke berbagai sekolah dan universitas dengan membawa tradisi kesenian Jepang. Misalnya, kokeshi, yakni boneka tradisional dengan bentuk manusia yang mengenakan pakaian khas Jepang. 

Ada juga hagoita. Sebuah papan yang bisa digunakan untuk bermain bulu tangkis. Kemudian, permainan wanage yang mirip gasing.

BACA JUGA: Mengunjungi Panti Asuhan Khusus Wanita Korban Lelaki di Jakarta Timur

Untuk yang modern, dia mengadakan pemutaran film tentang kehidupan di Jepang. Selain itu, ada pameran. Termasuk, menerima kunjungan dari sekolah dan kampus di Surabaya yang ingin mengetahui seluk-beluk Jepang.

Jika ingin membaca komik-komik dari Jepang seperti Sailor Moon, Doraemon, Naruto, atau Tsubatsa, kata Kaori, datang saja ke Perpustakaan Konjen Jepang di Jalan Sumatera No 93, Surabaya, Jawa Timur. 

BACA JUGA: Perasaan Wanita Cantik Ini Campur Aduk saat Hadapi Ombak Ganas

Tersedia lengkap di situ untuk dibaca umum. ”Jangan sampai gagal promosi. Harus bisa seimbang. Kalau kesenian tradisional terus, nanti terkesan kuno. Diimbangi pop culture,” ujar Kaori.

Banyaknya tugas membuat Kaori selalu sibuk. Dia tidak bisa diam saja di kantor. Hampir setiap hari dia berkeliling ke sekolah dan universitas. Termasuk, kunjungan ke luar kota.

Apalagi, selain seluruh wilayah Jawa Timur, Konsulat Jepang di Surabaya membawahkan Kalimantan. Dengan demikian, Kaori sering berkeliling ke berbagai kota di dua provinsi tersebut. 

Menurut Kaori, saat ini Surabaya adalah sister city dengan Kota Kochi, Jepang. Kota tersebut merupakan asal tari yosakoi. Dalam acara di Surabaya, dia sering menghadirkan tarian tersebut. (muniroh/ayi/awa/jpnn) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menyekolahkan Dua Keponakan, Berharap Ada yang Jadi Menteri dari Hasil Tuak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler