2 Gim Baru Dipertandingkan di Ekshibisi Esports PON XX Papua

Rabu, 25 Agustus 2021 – 08:23 WIB
Tangkapan layar konferensi pers PBESI pada Selasa, (24/8) WIB secara virtual.

jpnn.com, JAKARTA - Dua gim baru akan dipertandingkan dalam ekshibisi esport Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Pada awalnya, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) akan mempertandingkan tiga gim saja di antaranya Free Fire, Mobile Legends, dan e-Footbal PES 2021.

BACA JUGA: Esports Resmi Jadi Cabor Eksibisi PON Papua, KONI Berharap Bisa Melahirkan Banyak Atlet Berprestasi

Namun, Selasa (24/8) kemarin, PBESI mengumumkan akan menambah dua gim lagi untuk dipertandingkan.

Dua gim itu adalah PUBG Mobile untuk gim bergenre battle royale dan Lokapala: Saga of The Realms yang beraliran MOBA.

BACA JUGA: Esports Jadi Ajang Eksibisi di PON Papua, PBESI Pastikan Pasokan Jaringan Internet Aman

Dua gim tambahan itu akan dipertandingkan pada kategori yang berbeda. Untuk PUBG Mobile secara ekshibisi. Adapun Lokapala akan dipertandingkan dengan tajuk persahabatan.

“Kami menyambut aspirasi gamers Indonesia. PBESI juga menerima kesediaan pihak gim developer Anantarupa Studio dan gim publisher PT Melon Indonesia untuk mengadakan pertandingan persahabatan gim Lokapala: Saga of The Six Realms dalam ekshibisi PON XX Papua 2021,” kata Sekjen PBESI Frengky Ong dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/8).

BACA JUGA: Hati-hati, Akun Mobile Legends Tim Esports DTS Diretas, Kerugian Mencapai Ratusan Juta

Dengan hadirnya gim Lokapala, Frengky berharap developer gim lainnya yang ada di Indonesia lebih mengembangkan permainan mereka supaya kelak bisa dipertandingkan di ajang yang lebih tinggi lagi.

“Masuknya Lokapala sebagai friendly match turnamen tak lepas dari aspirasi dan antusiasme gamers esports yang ingin gim lokal itu dihadirkan,” katanya.

“Hal ini juga merupakan realisasi dukungan PBESI terhadap industri pengembangan gim lokal, kami percaya industri gim nasional memiliki potensi yang besar untuk go internasional,” kata Frengky.

Aswin Antonie selaku Country Manager Tencent Game Indonesia mengaku senang esports bisa diakui oleh pemerintah.

Apalagi sejak gim bergenre battle royale masuk ke Indonesia pada 2018, gamers Merah Putih sudah punya banyak prestasi di kancah internasional.

“PUBG Mobile sendiri sudah diluncurkan di Indonesia semenjak tahun 2018 lalu. Gim ini telah memberikan prestasi yang cukup banyak bahkan sampai tingkat dunia. Saya jadi bersemangat akhirnya esports diakui oleh pemerintah dan masuk ke PON XX 2021 Papua,” ujar Aswin.

Pihak pengembang gim Lokapala yakni Anantarupa Studios menyatakan komitmen penuh mendukung gelaran ini.

CEO Anantarupa Ivan Chen bersyukur gimnya dipertandingkan di ajang PON meski masih sebatas ajang persahabatan.

“Saya mewakili segenap tim pengembang Lokapala berterima kasih kepada PB Esports Indonesia atas dukungannya terhadap Lokapala, gim esports pertama buatan Indonesia sehingga Lokapala digunakan untuk pertandingan persahabatan dalam ekshibisi esports PON XX Papua,” kata Ivan.

“PON pertama di Surakarta telah menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia, maka ekshibisi esports PON XX Papua merupakan pernyataan bahwa Indonesia juga berdaulat di dalam industri game esports.” ungkap Ivan Chen.

Pertandingan persahabatan gim Lokapala akan dijalankan dalam format turnamen nasional. Pendaftaran babak kualifikasi sudah dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com.

Pertandingan gim Lokapala sendiri akan berlangsung pada 6-7 September 2021.

Untuk mempermudah pendaftaran, tim yang mendaftar diperbolehkan berasal dari provinsi yang berbeda. Nantinya, tim yang lolos ke ke Papua akan memperebutkan hadiah uang tunai senilai Rp 200.000.000.

Kehadiran esports sebagai cabor ekshibisi Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 merupakan sebuah sejarah. Tahun ini untuk merupakan pertama kalinya esports dipertandingkan skala nasional. (pbesi/mcr16/jpnn)


Redaktur : Adek
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler