2 Perusahaan Mitra Pemasok APP Sinar Mas di OKI Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla

Rabu, 01 Februari 2023 – 14:19 WIB
Dua Perusahaan HTI Mitra Pemasok APP Sinar Mas di Kabupaten OKI PT SBA Wood Industries, menyelenggarakan Apel Kesiapsiagaan di Fire Base APP Sinar Mas, Sungai Baung, pada Selasa (31/01). Foto: Humas Sinar Mas

jpnn.com - OGAN KOMERING ILIR - PT Bumi Mekar Hijau dan PT Bumi Andalas Permai menyelenggarakan Apel kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Fire Base APP Sinar Mas, Sungai Baung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Selasa (31/01)

Dua perusahaan tersebut merupakan perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) Mitra Pemasok APP Sinar Mas.

BACA JUGA: Menteri Siti Tegaskan tidak Ada Ampun untuk Perusahaan Swasta yang Menciptakan Karhutla

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Albertus Rachmad Wibowo dalam sambutannya mengatakan semua pemangku kepentingan harus bersinergi secara pentahelix yang melibatkan berbagai unsur pencegahan dan penanggulangan karhutla yaitu instansi pemerintah, TNI, Polri, swasta, kelompok masyarakat, tokoh ulama, tokoh masyarakat, juga dari perguruan tinggi dan media.

Dia menjelaskan, menurut BMKG musim kemarau tahun ini akan lebih panas dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA: BEM Unilak Menobatkan Menteri Siti Nurbaya Sebagai Ibu Pengendali Karhutla Indonesia

“Begitu luasnya wilayah Indonesia kita tidak bisa bekerja sendiri harus bersinergi. Kita harus mengupayakan kebakaran agar tidak terjadi, maka upaya pencegahan adalah yang utama", kata Kapolda Sumsel yang memimpin Apel Siaga.

Albertus menegaskan, pencegahan harus didahulukan dan terus disosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

BACA JUGA: Inilah Bentuk Dukungan APP Sinar Mas terhadap Program KLHK soal Kawasan Konservasi

Dia menjelaskan, bila ada pelanggaran hukum, pihaknya juga tegas akan melakukan penindakan.

Kapolda Sumsel juga memberikan apresiasi terhadap tata kelola tanaman yang dilakukan dengan tetap memberikan akses dari darat, sungai dan udara yang memudahkan pemadaman bila terjadi kebakaran.

Meski begitu Kapolda mewanti-wanti juga agar memberikan perhatian lebih terhadap daerah-daerah yang belum digarap, karena tetap berpotensi terjadinya kebakaran.

Pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan Karhutla ini juga sebagai tanda dibukanya Fire Fighters League IV 2023 yang diselenggarakan oleh Mitra Pemasok APP Sinar Mas di OKI.

Kapolda Sumsel memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang rutin digelar untuk meningkatkan kesiap-siagaan pasukan pemadam kebakaran.

"Sangat luar biasa yang dilakukan Mitra APP Sinar Mas mengadakan Fire Fighters Leagues dalam rangka kesiapan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) dalam penanggulangan karhutla", kata Irjen Albertus.

Strategi Pengendalian Kebakaran Terpadu

Fire Operation Management Head APP Sinar Mas Region OKI, Panji Bintoro mengatakan kegiatan Apel Kesiapsiagaan ini melibatkan 150 personel RPK, termasuk personel security, tim medis dan karyawan pendukung.

“Liga ini rutin diselenggarakan dan selalu disambut antusias oleh RPK. Liga dilaksanakan dalam rangka kesiap-siagaan perusahaan menghadapi musim kemarau tahun ini,” ujar Panji.

Panji menjelaskan, dalam upaya pencegahan Karhutla, pihaknya menerapkan strategi pengendalian Karhutla Terpadu (Integrated Fire Management/ IFM). Strategi awal dalam IFM adalah upaya pencegahan, persiapan, deteksi dini dan respon cepat.

"Untuk mendukung strategi ini kami telah menyiagakan personil RPK dan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang sudah terlatih untuk melakukan tindakan penanggulangan Karhutla dengan cepat dan terukur agar kebakaran tidak meluas,” ujar Panji.

Panji melanjutkan, juga disiapkan peralatan pemadaman, pos pemantauan Karhutla, kendaraan patroli darat dan air, juga disiagakan helikopter untuk patroli udara dan helikopter khusus untuk water boombing.

Fire Fighters League IV dilaksanakan mulai 31 Januari hingga 6 Februari 2023 yang menjadi salah satu kegiatan tahunan yang diadakan sebagai wadah untuk mengukur kesiapan regu dari kapasitas tiap-tiap personel dalam hal pengetahuan, ketahanan fisik dan keterampilan. (esy/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler