2 Warga Ngada Meninggal Akibat Banjir Bandang, 1 Orang Hilang

Sabtu, 04 September 2021 – 19:28 WIB
Pencarian warga hilang oleh tim gabungan setelah banjir bandang melanda Desa Inerie, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, NTT pada Sabtu (4/9) dini hari. Foto: dokumentasi BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Dua warga Desa Inerie, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, NTT meninggal dunia akibat musibah banjir bandang, sedangkan satu korban hilang masih dicari.

Banjir bandang itu dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada Sabtu dini hari (4/9), pukul 00.00 waktu setempat.

BACA JUGA: Pengemudi Mobil Terios Ini Meninggal di Duren Tiga, Ada yang Kenal?

Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, musibah itu juga mengakibatkan satu warga Ngada mengalami luka berat dan 26 orang mengungsi.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngada telah melakukan upaya penanganan darurat, seperti evakuasi warga luka-luka," kata Muhari di Jakarta, Sabtu.

BACA JUGA: Ada Skenario Besar Perpanjang Masa Jabatan Presiden, Jokowi Tidak Mau

BNPB juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan kajian cepat dan pertolongan warga terdampak.

"Terkait warga yang masih hilang, tim gabungan yang dikoordinasikan Basarnas masih melakukan pencarian di lokasi kejadian," ujarnya.

BACA JUGA: Habib Rizieq Mau Kasasi, Kapitra Bicara Peringatan Dini dari Allah

Dalam kejadian itu, sebanyak lima unit rumah warga hanyut. BPBD masih melakukan pendataan terhadap kerusakan rumah dan infrastruktur lainnya.

Tercatat kebutuhan mendesak saat ini antara lain pakaian dewasa dan anak-anak, selimut, kasur, obat-obatan, bahan pangan, masker, bahan bangunan rumah.

Muhari menyebut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca tiga harian mulai dari Sabtu (4/8) sampai Senin (6/8).

Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur didominasi cuaca cerah berawan, berawan dan hujan ringan.

"Berdasarkan kajian inaRISK, Kabupaten Ngada memiliki potensi bahaya banjir bandang pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada sembilan kecamatan," kata Muhari.

Untuk itu, BNPB mengimbau pemerintah daerah setempat dan masyarakat dapat mempersiapkan rencana kesiapsiagaan dengan membersihkan daerah resapan dan saluran air.

Kemudian, melakukan peninjauan kekuatan infrastruktur rumah warga yang terletak di wilayah berpotensi banjir secara berkala serta meningkatkan kewaspadaan dengan memeriksa prakiraan cuaca dari laman BMKG serta potensi bencana melalui inaRISK. (fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Banjir Bandang   Ngada   Meninggal   NTT   BNPB  

Terpopuler