20 Tahun Berkarya di Indonesia, Human Initiative Tumbuhkan Inspirator Kebaikan

Jumat, 08 April 2022 – 11:57 WIB
Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati pada acara bertajuk "Initiative Forum: Inspirasi Untuk Negeri, Berdikari dengan Kolaborasi" di Jakarta. Foto: Human Initiative

jpnn.com, JAKARTA - Human Initiative (HI) sudah 20 tahun berkarya sebagai lembaga kemanusiaan di Indonesia.

Sebagai upaya menjaga nilai kemanusiaan, Human Initiative menggelar acara bertajuk "Initiative Forum: Inspirasi Untuk Negeri, Berdikari dengan Kolaborasi" di Jakarta.

BACA JUGA: Human Initiative dan Majelis Ta’lim XL Axiata Luncurkan Program Ini, Keren

Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati mengatakan ajang ini merupakan kegiatan public expose sebagai upaya untuk terus menjaga nilai-nilai kemanusiaan.

Menurut dia, Human Initiative terus menguatkan kolaborasi kebaikan dan juga menumbuhkan kepercayaan publik dalam bergerak bersama menumbuhkan kemandirian.

BACA JUGA: Human Initiative dan IIC Melelang Sepeda Brompton Limited Edition, Dubes Inggris Merespons

“Pemerataan informasi kinerja lembaga menjadi catatan penting demi menumbuhkan kepercayaan penerima manfaat, donor, juga masyarakat global,” beber Tomy Hendrajati, dalam keterangannya, Jumat (8/4/22).

Hal tersebut, kata Tomy, bukan semata-mata untuk mencitrakan segala kontribusi lembaga, melainkan sebagai usaha untuk menguatkan aksi kolaborasi dengan segala lini, demi mewujudkan masyarakat yang berdaya dan mandiri.

BACA JUGA: Aliansi Kemanusiaan Kota Kupang Berdemonstrasi di Rute yang Dilewati Jokowi

Menurut Tomy, menumbuhkan inspirator-inspirator kebaikan pun menjadi bonus yang begitu diharapkan dengan hadirnya berbagai program kemanusiaan sebagai pemantik kemandirian sosial.

“Inspirator-inspirator inilah yang harapannya nanti dapat terus menjaga api semangat kemanusiaan dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa," urainya.

Dia menyebut begitu banyak cerita suka dan duka yang dilalui dalam membangun lembaga kemanusiaan Human Initiative hingga bisa bertahan hingga saat ini.

Beragam aksi kolaborasi dilakukan dengan begitu banyak sektor, namun hal itu bukan menjadi yang utama.

“Menanamkan nilai kemanusiaaan, edukasi masyarakat dan menumbuhkan kemandirian adalah hal penting yang harus terus diperjuangkan bersama," tutur Tomy.

Dalam acara ini, sambung Tomy, hadir sejumlah peserta Initiative Forum dari berbagai lintas. Di antaranya dari Kemenko PMK, Kementerian Koperasi dan UKM (Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM, Bidang Ekonomi Makro, Rully Nuryanto), BNPB, Internasional  dan Nasional NGO, Korporasi baik Nasional maupun Lokal, serta mitra dari retail dan media masa lokal dan Nasional.

"Acara berlangsung secara daring untuk tamu undangan online. Sedangkan yang hadir secara langsung, para narasumber dan peserta kegiatan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Initiative Talk dan Initiative Award," ungkapnya.

Di Initiative Forum, Tomy melanjutkan, Human initiative menyampaikan sharing pemaparan tentang kinerja Human Initiative selama tahun 2021 dalam sesi bernama Initiative Talk. Dalam aktivitas ini juga disampaikan tentang jangkauan manfaat serta penerima manfaat yang telah terbantukan lewat program-program Human initiative selama masa pandemi.

Selain itu, kata dia, pada sesi ini terdapat juga pemaparan dari beragam mitra kolaborasi Human Initiative dengan tujuan untuk menguatkan kolaborasi aksi kemanusiaan.

Setelah itu, Tomy melanjutkan,  terdapat Initiative Award yang merupakan aktivitas pemberian penghargaan kepada mitra kolaborasi Human Initiative. Hal ini sebagai Apresiasi kepada mitra kolaborasi Human Initiative yang telah aktif membantu Program Human Initiative sepanjang tahun 2021.

Dia menyebut  peraih penghargaan tersebut terdiri atas tiga kategori, yaitu Korporasi atau CSR, Organisasi Nirlaba dan Komunitas.

Pada Initiative Forum juga digelar pameran serta pemaparan tiga Program Inti Human Initiative yaitu initiative for Children, Initiative for Empowerement dan Initiative for Disaster.

Sebagai contoh, terdapat pertunjukan kreasi anak-anak binaan Human Initiative, pameran “Rumah Senyum” yang kerap kali Human Initiative gunakan untuk mitigasi bencana, produk-produk UMKM binaan Human Initative dan beberapa pameran yang lain.

Dia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada sahabat Inisiator, para pihak yang turut mendukung perjalanan Human Initiative dari tahun ke tahun.

“Mudah-mudahan acara Initiative forum ini dapat membantu menanamkan nilai-nilai kemanusiaan, edukasi masyarakat, dan menumbuhkan kemandirian sehingga dapat terus bermanfaat dalam membangun bangsa," tutup Tomy.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler