2009, Produksi Migas Tembus 99 Persen

Jumat, 15 Mei 2009 – 20:02 WIB
JAKARTA- Realisasi produksi minyak dan gas di Indonesia periode bulan Januari- April 2009, rata-rata mencapai lebih dari 90 persen.

Kepala BPMigas R Priyono menerangkan, untuk produksi  minyak rata-rata sebesar 956.000 barrel oil per day (bopd/barel per hari) atau 99,5 persen dari target yang ditetapkan dalam APBN yang sebesar 960.000 bopd.

Sedangkan untuk produksi gas, lanjutnya, rata-rata produksinya dengan periode yang sama hingga saat ini telah mencapai 7.791 million standard cubic feet per day (mmscfd/juta kaki kubik per hari) atau sekitar 97 persen dari target APBN yang sebesar 8.025 mmscfd.

“Saat ini kami juga sedang mempercepat pelaksanaan pemboran sumur pengembangan terhadap lapangan yang plan of development (POD)nya sudah disetujui,” papar Priyono.

Sementara itu, ditanya mengenai upaya untuk meningkatkan produksi selanjutnya, ia menegaskan, ada beberapa poin yang dianggapnya penting.

Di antaranya, pihaknya akan melakukan kajian subsurface yang lebih baik untuk menghindari kegagalan pemboran sumur pengembangan“Kami juga akan melakukan pekerjaan workover, perawatan sumur dan, optimasi sistem pengangkatan buatan (Artificial Lift) seperti di PT Pertamina EP, dan JOB PN – PetroChina Salawati,” sebut dia

BACA JUGA: PPN Impor Turun untuk April

(cha/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perbanas Sambut Baik Darmin


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler